Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan – Dental Universe Indonesia

Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan

tips sehat selama puasa ramdhan - dental universe indonesia

Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan

Menurut penelitian dari berbagai sumber, salah satu manfaat puasa yaitu memberikan kesempatan bagi alat pencernaan untuk berisitrahat. Manfaat ini tentu saja baik untuk kesehatan. Meski kadang puasa terasa menjadi sulit, apalagi saat cuaca panas. Ikuti tips sehat selama puasa ramadhan ini untuk memastikan tubuh tetap terjaga dan menghindari masalah kesehatan.

1. Jangan melewatkan waktu makan

Hindari melewatkan waktu makan, terutama saat sahur. Makan makanan yang mengandung karbohidrat saat sahur akan memberi kamu energi sepanjang hari. Jika kamu tidak memiliki nafsu makan besar di pagi hari, segelas susu, beberapa kacang dan kurma jadi alternatif santap sahur kamu. Dan bagi kamu yang makan lebih banyak di pagi hari, makan nasi dengan ayam sangat ideal.

Baca Juga: 5 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengobatinya

Ingatlah untuk minum setidaknya dua hingga tiga gelas air sebelum kamu mulai berpuasa. Tujuan lainnya yaitu untuk menghindari perasaan dehidrasi selama jam-jam puasa.

2. Buka puasa perlahan-lahan dan jangan berlebihan

Kurma, jus alpukat, buah-buahan atau buah-buahan kering atau sup adalah pilihan makanan yang sempurna untuk berbuka puasa. Campuran karbohidrat, protein, buah-buahan dan sayuran yang baik harus dimasukkan ke dalam makanan kamu.

3. Penuh vitamin B kompleks

Memiliki vitamin B kompleks seperti neurobion saat sahur telah terbukti menjaga tingkat energi meingkat selama periode puasa.

4. Makanan yang harus dihindari

Tips sehat selama puasa Ramadhan. Puasa seringkali dapat meningkatkan kadar keasaman lambung di perut, menyebabkan perut seperti terasa terbakar dan berat. Pengalaman ini bisa dihindari dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat. Penting juga untuk menghindari makanan yang digoreng, makanan yang sangat pedas, makanan yang asin dan makanan yang mengandung terlalu banyak gula. Permen dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, mules, dan masalah berat badan dan tidak boleh menjadi bagian dari diet terutama saat perut kosong.

Terlalu banyak makan makanan asin membuat pertu terasa kembung, sementara makanan pedas juga menyebabkan rasa haus. Makanan manis dan manis cepat terbakar dan hanya akan bertahan selama tiga hingga empat jam. Kebetulan ini akan berubah menjadi lemak, meningkatkan kadar kolesterol dan membuat badanmu bertambah berat.

5. Apa yang harus diminum

Minuman dengan kadar kafein yang tinggi (kopi, teh, cokelat, soda, dan bahkan teh dan kopi tanpa kafein) harus dihindari. Kafein meresap kalsium dari sistem pencernaan yang membuat kamu merasa kurang kenyang sepanjang hari. Hindari minum teh saat sahur, karena teh meningkatkan ekskresi garam dalam urin, yang dibutuhkan untuk tubuh Anda selama puasa. Minuman yang ideal adalah air, atau jika Anda merasa lebih dehidrasi daripada biasanya, coba tambahkan sepotong jeruk nipis, stroberi atau bahkan mint ke dalam segelas air Anda.

Baca Juga: Cara Mengatasi Mulut Kering

6. Berolahraga (agak)

Aktivitas fisik yang ringan juga dianjurkan, membuat tubuhmu tetap kenyal dan bugar. Saat cuaca panas, tubuhmu juga bisa mengira-ngira kekurangan air karena kelaparan, dan bisa menyebabkan kamu menelan lebih banyak daripada yang bisa ditangani tubuh. Pastikan untuk minum banyak air saat berbuka puasa.

7. Disiplin Diri

Pada dasarnya puasa Ramadhan adalah latihan disiplin diri, terutama para perokokk berat, pecandu makanan atau pecandu kafein, dan lain-lain. Ini kesempatan yang baik untuk menghentikan kebiasaan itu.

Itulah tips sehat selama puasa ramadhan yang bisa kamu ingat dan kamu lakukan. Ramadhan adalah waktu untuk berlatih menahan diri, waktu untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan kembali fokus pada diri sendiri. Biarkan Ramadhan ini membawa perubahan yang akan berlangsung seumur hidup.

Jika kamu mempunyai masalah gigi dan ingin konsultasi, kamu bisa membuat jadwal dengan menghubungi kami. Klik di sini.


Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia hadir membawa konsep baru dalam dunia klinik gigi. Kami fokus pada pelayanan kualitas prima dengan harga yang terjangkau. Dengan konsep yang ceria, segar dan berwarna sehingga dapat menghilangkan kesan menakutkan akan perawatan di klinik gigi yang akan membuat anda nyaman dan lebih percaya diri.

Comments are closed.

Lokasi Klinik

Tebet, Kelapa Gading, Tanjung Duren, Serpong.

021 86611066

Reservasi perawatan via telepon.

Jam Buka Klinik

Senin - Minggu : 8:00 - 22:00 (kecuali hari libur nasional)

Buat Jadwal Temu

Reservasi perawatan via chat Whatsapp.