fbpx

Karang gigi adalah plak gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit di dalam gigi. Pada awalnya, plak gigi terbentuk ketika bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan. Jika plak gigi berubah menjadi karang, makan akan sulit akan dibersihkan hanya dengan menggosok gigi.

Biasanya soal karang gigi yang sudah membandel, diperlukan bantuan dokter gigi untuk menghilangkannya. Nantinya dokter akan menggunakan alat yang bernama scaller untuk membersihkan karang yang menumpuk. Ada baiknya segera membersihkan karang gigi paling tidak 6 bulan sekali.

Perlu kalian ketahui, berdasarkan perkembangannya ternyata karang gigi memiliki tiga warna, yaitu (1) karang yang masih tipis memiliki warna putih dan kuning, (2) karang yang dibiarkan begitu saja lama kelamaan warnanya akan berwarna kehijauan, dan (3) karang gigi yang tidak pernah dibersihkan nantinya lambat laun akan berubah menjadi berwarna hitam.

Di sisi lain, karang gigi ternyata akan cepat dan mudah terbentuk jika seseorang memiliki kandungan kapur yang sangat tinggi dalam saliva. Umumnya karang terbentuk pada leher gigi, terutama di sela-sela gigi yang sulit untuk dibersihkan.

Sedangkan berdasarkan pada lokasi terbentuknya, karang gigi dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Suprahingiva kalkulus yaitu karang gigi yang terjadi pada permukaan gigi bagian atas gusi dan dapat dilihat oleh mata. Karang gigi jenis ini pada umumnya berwarna putih kekuningan dengan tekstur yang keras. Nah dengan bantuan alat scaller yang ada di dokter, karang gigi jenis ini mudah untuk dilepaskan. Warna pada karang gigi ini dapat berubah-ubah sesuai dengan zat warna dari makanan yang dikonsumsi atau karena tembakau. Karang gigi supragingiba dapat terbentuk pada satu gigi atau berkelompok, bahkan dapat terjadi pada semua gigi.
  2. Subgingiva yaitu karang gigi yang terjadi pada permukaan gigi bagian bawah gusi dan tidak terlihat oleh mata. Oleh sebab itu perlu pemeriksaan dokter lebih lanjut. Karang gigi subginguva bertekstur keras dan padat, serta memilliki warna coklat tua atau hijau yang kehitaman.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Kulit Jeruk Nipis

Nah sudah tahu kan DUIon? Jangan lupa untuk selalu memeriksakan gigi paling tidak 6 bulan sekali ya DUIon. Kalau kamu ada rencana ingin melakukan pemeriksaan gigi, kamu bisa langsung aja datang ke Dental Universe Indonesia dan dapatkan konsultasi secara GRATISSS !!! Ssstt banyak promo menarik juga lhoo !! Reservasikan diri kamu sekarang juga di 0813-8000-0392 (Kelapa Gading), 0813-8000-0372 (Tebet) atau 0812-1165-0012 (Serpong).

https://sehatips.xyz/kalkulus/