Sering Merasa Bau Mulut? Begini Cara Mengatasinya! - Klinik Gigi

Sering Merasa Bau Mulut? Begini Cara Mengatasinya!

sering merasa bau mulut - konsultasi dental universe indonesia

Sering Merasa Bau Mulut? Begini Cara Mengatasinya!

Anda sering merasa bau mulut? Atau teman Anda mengalaminya namun tak juga ia sadari? Hal yang pertama perlu Anda tahu yaitu semua orang berpotensi mempunyai bau mulut.

Halitosis atau bau mulut merupakan relatif umum. Penyebab utama mengapa Anda bisa bau mulut adalah sekelompok bakteri yang hidup di mulut.

Bakteri penyebab bau mulut umumnya memakan protein yang ditemukan dalam daging, ikan, dan produk susu yang Anda konsumsi. Ketika bakteri memecah protein, mereka melepaskan limbah bakteri yang menyebabkan bau mulut. Semakin banyak bakteri ini berkembang, maka semakin buruk pula bau mulut Anda.

Sering Merasa Bau Mulut

Anda tak perlu khawatir. Bau mulut normal terjadi. Dan yang perlu Anda ketahui berikutnya, bakteri alami ini sebenarnya juga penting untuk pencernaan.

Meskipun Anda tidak pernah bisa sepenuhnya menghilangkan bau mulut, enam cara berikut ini dapat membantu Anda mengatasinya:

1. Menyikat gigi dan flossing

Salah satu cara yang paling penting dalam mengatasi bau mulut adalah merawat dan membersihkan gigi dengan baik. Sangat penting untuk menyikat gigi dua kali sehari, lalu diikuti dengan flossing (membersihkan gigi dengan benang) setiap hari.

Menyikat gigi secara teratur (setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam) dan flossing dapat membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang terperangkap di celah gigi. Sisa-sisa makanan inilah langganan bakteri penghasil bau. Menyikat gigi dan flossing dapat mengurangi jumlah bakteri di mulut Anda.

Menggunakan obat kumur juga dapat membantu mengatasi bau mulut. Namun, direkomendasikan untuk tidak menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol. Ini bisa membuat mulut Anda kering, malah berpotensi memperburuk bau mulut Anda. Jika Anda ingin menggunakan obat kumur, pilih obat kumur yang mengandung oksigen seperti klorin dioksida atau natrium klorida.

2. Membersihkan lidah

Tidak hanya gigi, tapi lidah Anda juga dapat menampung banyak bakteri penyebab bau mulut. Setelah menyikat gigi, cobalah membersihkan lidah Anda sekali sehari, terutama di pagi hari—ketika bakteri berkembang biak saat Anda tidur.

Anda dapat menggunakan sikat gigi dengan sedikit pasta dan menyikatnya dengan lembut. Sikat perlahan dari belakang lidah ke depan lidah, atau Anda dapat menggunakan scraper lidah yang dirancang khusus. Berhati-hatilah saat menggunakannya, seperti tidak terlalu menekan karena ini dapat merusak lidah Anda.

3. Pemeriksaan rutin dengan dokter gigi Dental Universe Indonesia

Bau mulut juga bisa disebabkan oleh kerusakan gigi dan penyakit gusi. Penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter gigi. Anda akan merasa terbantu karena dokter dapat membantu Anda dalam membersihkan gigi dan gusi dengan lebih teliti. Dokter gigi Anda juga dapat menghilangkan plak dan karang gigi di tempat-tempat yang sulit dijangkau, terutama tempat-tempat yang sering dilewatkan saat Anda menyikat gigi dan flossing.

Baca Juga: 5 Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengobatinya

4. Jaga mulut Anda tetap lembab (terhidrasi)

Untuk menjaga mulut Anda tetap lembab (terhidrasi), minumlah cukup air sepanjang hari. Ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda mencoba menghemat air dengan memperlambat produksi air liur.

Mengunyah permen karet bebas gula juga bisa membantu. Ini menstimulasi tubuh Anda untuk berpikir bahwa Anda sedang makan, sehingga akan merangsang produksi air liur. Mulut Anda juga akan tetap lembab.

Alkohol dan kopi memiliki efek diuretic; memperlambat produksi air liur dan membuat mulut Anda memelihara bakteri penghasil bau mulut. Mereka hidup dan makan karena Anda mengonsumsi alkohol dan kopi. Minum cukup air putih untuk membantu memerangi efek diuretik.

Mulut kering juga dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu dan beberapa kondisi kesehatan jangka panjang, seperti diabetes dan Parkinson.

Pastikan Anda menggosok gigi dan lidah Anda dengan baik, yaitu malam sebelum tidur dan ketika Anda bangun dan sarapan keesokan harinya. Jika Anda terus mengalami mulut kering, konsultasikan dengan dokter gigi dan dokter Anda.

5. Makan makanan yang sehat

Meskipun ditemukan dalam kebanyakan resep, bawang merah dan bawang putih dapat menyebabkan bau mulut. Itu karena keduanya mengandung senyawa berbasis sulfur yang disebut allyl methyl sulphide yang mencerminkan efek bau mulut. Senyawa ini bisa ‘lengket’, menyebabkannya dapat bertahan lebih lama di mulut Anda.

Jadi setelah makan bawang putih atau bawang bombai, pastikan untuk minum air atau menyikat gigi atau mengunyah permen karet.
Makanan yang tinggi protein seperti ikan, daging, dan produk susu, juga dapat memengaruhi bau mulut Anda. Karena bakteri penghasil bau di mulut Anda merusak protein. Sebaiknya Anda minum air, atau gosok gigi atau kunyah permen karet setelah makan.

6. Tidak merokok

Merokok dapat menyebabkan penyakit mulut dan gusi kering, serta menyebabkan bau mulut. Sebaiknya Anda tidak merokok atau konsultasikan dengan dokter gigi tentang hubungan rokok dan bau mulut.

Perawatan Bau Mulut

Bau mulut adalah sesuatu yang sebagian besar dari kita akan mengalaminya dari waktu ke waktu. Enam tips di atas semoga dapat membantu Anda yang sering merasa bau mulut. Namun jika bau mulut Anda tidak hilang atau semakin memburuk, konsultasikan dengan dokter gigi Anda.

Untuk perawatan bau mulut, hubungi Dental Universe Indonesia. Buat jadwal perawatan (klik di sini) dan ikuti kami di akun instagram @dentaluniverse.


Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia hadir membawa konsep baru dalam dunia klinik gigi. Kami fokus pada pelayanan kualitas prima dengan harga yang terjangkau. Dengan konsep yang ceria, segar dan berwarna sehingga dapat menghilangkan kesan menakutkan akan perawatan di klinik gigi yang akan membuat anda nyaman dan lebih percaya diri.

Leave comment

Lokasi Klinik

Tebet, Kelapa Gading, Pondok Gede, Jatiwaringin

021 86611066

Reservasi perawatan via telepon.

Jam Buka Klinik

Senin - Minggu : 8:00 - 22:00 (kecuali hari libur nasional)

Buat Jadwal Temu

Buat jadwal perawatan Anda di sini.