Beberapa orang pasting sering mengalami permasalahan gigi misalnya saja gigi berlubang, gigi patah atau bahkan kerusakan gigi yang parah. Untung di zaman yang makin canggih ini teknologi kedokteran sudah semakin maju. Alhasil banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah gigi tersebut. Salah satunya adala prosedur veneer dan tambal gigi. Lalu apa perbedaan tambal dan veneer?

Veneer gigi adalah prosedur perawatan gigi untuk memperbaiki warna, bentuk dan posisi gigi. Selain itu veneer bisa untuk memperbaiki gigi yang gompal ataupun gigi berub ah warna. Sedangkan tambal gigi adalah prosedur medis yang dilakukan untuk mengisi gigi berlubang yang terjadi akibat penumpukan plak di gigi. Jika gigi tidak segera ditambal, bukan hanya menyebabkan gigi berlubang tetapi bisa menyebabkan infeksi dan gangguan kesehatan lainnya.

Ada dua jenis veneer yaitu teknik direct dan indirect. Dalam teknik direct, proses pelapisanm gigi bisa langsung dikerjakan dalam satu kali kunjungan karena dokter akan langsung merekatkan bahan veneernya langsung di permukaan gigi. Sedangkan untuk teknik indirect memerlukan dua kali kunjungan karena dokter akan mencetak gigi untuk dibuatkan veneer barulah dipasang veneernya.

Perbedaan tambal dan veneer jelas adanya. Perawatan veneer memang memerlukan biaya yang cukup mahal, alhasil hanya berlaku untuk yang menengah ke atas. Sedangkan untuk menengah ke bawah mungkin hanya mengenal istilah tambal gigi karena berfikiran jika keduanya sama-sama bisa memperbaiki gigi yang gompal ataupunpatah. Berikut adalah perbedaan antara veneer dan tambal gigi.

  1. Veneer dipasang untuk menutupi permukaan depan gigi sehingga gigi yang rusak akan diberikan bahan komposit ataupun porselen sesuai kebutuhan. Sedangkan tambal gigi lebih banyak dilakukan pada gigi berlubang yang ada di gigi geraham. Pada awalnya dokter akan memeriksa kondisi gigi terlebih dahulu agar bisa melihat kerusakan yang terjadi di dalam gigi.
  2. Veneer cenderung digunakan untuk memperbaiki penampilan agar lebih percaya diri. Perawatan veneer banyak dipilih sebagai alternatif untuk memiliki senyuman lebih indah. Sedangkan tambal gigi dilakukan untuk memperbaiki fungsi gigi itu sendiri. Misalnya saja mengembalikan fungsi gigi, struktur gigi dan tulang rahang.
  3. Bahan veneer terbuat dari bahan komposit dan porselen. Bahan porselen ini yang dianggap lebih sempurna sehingga menyerupai gigi asli dan lebih tahan lama. Sedangkan bahan tambal gigi ada amalgam, komposit, emas ataupun porselen.

Demikian penjelasan tentang perbedaan tambal dan veneer gigi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk konsultasi kesehatan gigi di Dental Universe Indonesia ya!

Untuk informasi lebih detail, silakan Whatsapp kami (klik link di bawah ini):

https://www.alodokter.com/tambal-gigi-ini-yang-harus-anda-ketahui

https://www.alodokter.com/senyum-cantik-dengan-veneer-gigi.html