Berikut Cara Merawat Gigi Palsu yang Dianjurkan Dokter

Berikut Cara Merawat Gigi Palsu yang Dianjurkan Dokter

Berikut Cara Merawat Gigi Palsu yang Dianjurkan Dokter

Berikut Cara Merawat Gigi Palsu yang Dianjurkan Dokter

Merawat gigi palsu – Perlu dilakukan agar kualitas gigi tetap terawat. Gigi palsu biasanya digunakan oleh orang yang sudah lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan para anak muda pun memakainya.

Sama saja dengan merawat gigi pada umumnya, hanya saja sedikit agak repot dan penuh dengan kehati-hatian. Maka dari itu untuk kamu yang menggunakan gigi palsu harus tau dan memahami cara untuk merawat gigi palsu.

Bahan yang digunakan untuk gigi palsu adalah plastik atau logam sedangkan giginya sendiri dapat terbuat dari logam, acrylic atau porselen. Beberapa pengguna gigi palsu juga ada yang membutuhkan perekat untuk menahan gigi palsu dengan kuat di tempatnya. Perekat tersedia dalam berbentuk krim, bubuk, pads, strip, atau cairan.

Cara Merawat Gigi Palsu

Berikut Cara Merawat Gigi Palsu yang Dianjurkan Dokter

Selalu bersihkan gigi palsu

Kamu jangan sampai ketinggalan untuk membersihkan gigi palsu, membersihkannya sama saja dengan gigi asli. Hanya saja kamu harus lebih berhati-hati ketika membersihkannya, gunakan sikat berbulu halus dan lakukan dengan perlahan-lahan. Pembersihan ini bertujuan untuk membasmi bakteri yang ada di gigi, dan juga sisa makanan penyebab bakteri itu sendiri jika tidak dibersihkan.

Pilah makanan yang dikonsumsi

Memakai gigi palsu pasti ingin menikmati makanan dengan lebih nikmat bukan? Namun kalian harus memilahnya, jangan mengonsumsi makanan yang bertekstur kasar, serta jangan konsumsi makanan yang lengket. Makanan seperti itu harus kamu hindari jika ingin memiliki gigi palsu yang tahan lama masa pakainya. Makanan yang keras serta lengket berakibat buruk nantinya untuk gigi palsu kamu.

Melepas gigi

Untuk gigi palsu lepasan dianjurkan untuk melepasnya, bisa saat malam hari ataupun jika sedang tidak beraktifitas. Namun lebih baiknya istirahatkan selama 6 jam sehari, hal ini untuk memberi rongga mulut untuk keleluasaan bernapas. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi perkembangan kuman yang ada didalam rongga mulut. Nah, saat melepas gigi palsulah waktu yang tepat untuk membersihkannya.

Rutin kontrol ke dokter gigi

Kontrol rutin ke dokter gigi untuk memeriksakan perkembangan pemakaian gigi palsu. Biasanya jika ditemukan gusi bengkak atau merah dokter akan menyarankan penghentian sementara pemakaian gigi palsu.

Dokter akan melakukan perawatan sampai gusi kembali normal dan gigi palsu dapat dipakai kembali. Gigi palsu perlu diperiksa secara rutin 6 minggu sekali. Gigi palsu yang terawat dapat bertahan selama 5 tahun.

Baca juga: Tanda awal gigi berlubang

Mungkin terlihat simpen cara-cara diatas, namun jika kamu tidak menjalankannya dengan baik akan sia-sia kamu memakai gigi palsu. Jangan lupa selalu bertanya dan juga ikuti apa kata dokter, dokterlah yang mengetahui selebihnya lebih lanjut tentang keadaan gigi kamu.

Jangan takut untuk selalu memeriksakan kesehatan gigi kamu setiap saat ya, jangan sampai tunggu sakit baru diperiksa. Mencegah jauh lebih daripada mengobati.


Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia hadir membawa konsep baru dalam dunia klinik gigi. Kami fokus pada pelayanan kualitas prima dengan harga yang terjangkau. Dengan konsep yang ceria, segar dan berwarna sehingga dapat menghilangkan kesan menakutkan akan perawatan di klinik gigi yang akan membuat anda nyaman dan lebih percaya diri.

Comments are closed.

Lokasi Klinik

Tebet, Kelapa Gading, Pondok Gede, Jatiwaringin

021 86611066

Reservasi perawatan via telepon.

Jam Buka Klinik

Senin - Minggu : 8:00 - 22:00 (kecuali hari libur nasional)

Buat Jadwal Temu

Reservasi perawatan via chat Whatsapp.