Mengintip Proses Scaling atau Pembersihan Karang Gigi

mengintip proses scaling - dental universe indonesia

Mengintip Proses Scaling atau Pembersihan Karang Gigi

Banyak orang takut membersihkan gigi. Antara desakan, suara-suara alat pembersih karang gigi, dan ketidaknyamanan rahang sesekali, mudah untuk memahami kekhawatiran mereka. Tetapi bagi kebanyakan orang, membersihkan gigi itu sederhana dan tidak menyakitkan. Mari mengintip proses scaling atau pembersihan karang gigi, dan cari tahu manfaatnya!

Mengintip proses scaling atau pembersihan karang gigi dapat membantu mengurangi stres atau ketakutan kamu. Tidak hanya itu, hal tersebut juga memungkinkan kamu lebih menikmati hasil perawatan yang optimal.

1. Pemeriksaan fisik

Sebagian besar pembersihan gigi dilakukan oleh dokter gigi. Sebelum proses pembersihan dimulai, dokter mulai dengan pemeriksaan fisik seluruh mulut kamu.

Dokter akan menggunakan cermin kecil untuk memeriksa gigi dan gusi kamu, apakah ada tanda-tanda gingivitis (radang gusi) atau masalah potensial lainnya.

2. Menghilangkan plak dan karang gigi

Dengan cermin kecil, dokter menggunakan scaler untuk menghilangkan plak dan karang gigi di sekitar garis gusi kamu, serta di antara gigi. Kamu akan mendengar suara gesekan, tetapi ini normal. Semakin banyak karang gigi di mulut kamu, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengikisnya.

Menyikat gigi dan flossing mencegah pembentukan dan pengerasan plak, sebelum menjadi karang gigi. Namun saat kamu mempunyai karang gigi, kamu hanya dapat menghilangkannya di klinik gigi. Jadi, jika ini adalah bagian yang paling tidak kamu sukai dari proses pembersihan gigi, maka itu kamu harus menyikat gigi lebih sering.

3. Pembersihan pasta gigi berpasir

Setelah gigi kamu benar-benar bebas dari karang gigi, dokter akan menyikatnya dengan sikat listrik bertenaga tinggi.yang membuat suara gerinda. Walaupun terdengar menakutkan, ini adalah cara yang bagus untuk membersihkan dan menghilangkan karang gigi yang tertinggal dari scaler.

Pembersihan karang gigi secara profesional menggunakan pasta gigi yang wangi, rasanya pun seperti pasta gigi biasa. Namun, ia memiliki konsistensi berpasir yang dengan lembut menggosok gigi kamu. Jika dilakukan oleh dokter, pemolesan gigi ini dianggap aman untuk dilakukan dua kali setahun. Tapi jangan terlalu keras menyikat gigi di rumah, karena itu akan merusak enamel.

5. Membilas

Mengintip proses scaling atau pembersihan karang gigi selanjutnya, yaitu bilas mulut kamu untuk menyingkirkan puing-puing. Dokter biasanya akan memberi kamu air yang mengandung cairan fluoride.

6. Menerapkan perawatan fluoride (floridasi)

Langkah terakhir dari proses pembersihan karang gigi adalah perawatan fluoride. Perawatan ini digunakan sebagai pelindung gigi jany untuk membantu melawan gigi berlubang selama beberapa bulan.

Dokter mungkin menanyakan rasa apa yang paling kamu sukai. Lalu dokter akan menempatkan gel berbusa (atau kadang-kadang pasta lengket) ke dalam corong yang pas di gigi kamu. Biasanya tertinggal di gigi kamu selama satu menit. Selain gel berbusa, pernis fluoride juga ditempelkan ke gigi dengan sikat kecil. Pernis fluoride akan mengeras saat bersentuhan dengan air liur, sehingga kamu bisa makan dan minum segera setelahnya.

Buat Jadwal Perawatan

Scaling dijadwalkan dua kali setahun, sedangkan memutihkan gigi atau bleaching dengan menggunakan laser atau sinar-X biasanya dilakukan setahun sekali. Namun, tergantung pada apa yang diamati oleh dokter gigi atau kebersihan gigi kamu. Dokter mungkin melihat bahwa gigi kamu perlu ditambal. Untuk anak-anak, seorang dokter gigi dapat merekomendasikan fissure sealant dan sealant molar untuk membantu mencegah gigi berlubang di daerah yang sulit disikat.

Dengan memahami seluruh proses perawatan, tentu kamu akan merasa lebih nyaman, bahkan mungkin sangat menantikan kapan bisa membuat jadwal perawatan. Yuk konsultasikan permasalahan gigi kamu sekarang juga! Klik di sini untuk reservasi.


Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia hadir membawa konsep baru dalam dunia klinik gigi. Kami fokus pada pelayanan kualitas prima dengan harga yang terjangkau. Dengan konsep yang ceria, segar dan berwarna sehingga dapat menghilangkan kesan menakutkan akan perawatan di klinik gigi yang akan membuat anda nyaman dan lebih percaya diri.

Lokasi Klinik

Tebet, Kelapa Gading, Tanjung Duren, Serpong.

021 86611066

Reservasi perawatan via telepon.

Jam Buka Klinik

Senin - Minggu : 8:00 - 22:00 (kecuali hari libur nasional)

Buat Jadwal Temu

Reservasi perawatan via chat Whatsapp.