11 Tips Menghilangkan Bintik Putih pada Gigi

tips menghilangkan bercak putih pada gigi

11 Tips Menghilangkan Bintik Putih pada Gigi

Ada beberapa kemungkinan penyebab bintik-bintik putih (white spots) pada gigi, termasuk fluorosis gigi, hipoplasia email gigi, kebersihan gigi yang buruk, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang asam atau bergula.

Walaupun orang mungkin melihat bintik-bintik putih pada gigi sebagai hal yang tidak diinginkan, jarang orang yang mencari tahu sebabnya dan dari sudut pandang medis.

Berikut beberapa penyebab bintik-bintik putih pada gigi dan 11 tips untuk merawat dan mencegahnya.

Penyebab White Spots

Ada beberapa kemungkinan penyebab bintik-bintik putih pada gigi. Penyebab umum adalah fluorosis gigi. Biasanya terjadi saat usia masih muda dan saat anak-anak mengonsumsi terlalu banyak fluoride. Kendatipun bukan kondisi yang berbahaya, namun dikhawatirkan hal ini dapat menjalar sampai gusi. Penyebab umum lainnya adalah enamel hipoplasia.

Kondisi ini terjadi ketika enamel gigi seseorang tidak terbentuk dengan benar. Seperti halnya fluorosis, hipoplasia hanya terjadi selama masa kanak-kanak ketika gigi seseorang masih berkembang. Namun, hal itu dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi.

Penyebab lain bintik-bintik putih pada gigi termasuk kebersihan gigi yang buruk, terutama ketika seseorang memakai kawat gigi, atau makan terlalu banyak makanan asam atau bergula.

Perawatan

Ada beberapa kemungkinan perawatan untuk bintik-bintik putih pada gigi. Kesesuaian perawatan ini mungkin tergantung pada penyebab yang mendasari bintik-bintik putih dan kondisi gigi seseorang.

1. Enam mikro mikrorasi

Beberapa orang mungkin dapat melakukan mikro-abrasi untuk mengobati bercak putih mereka. Selama prosedur ini, seorang dokter gigi menghilangkan sejumlah kecil enamel dari gigi untuk mengurangi munculnya bintik-bintik putih.

Perawatan profesional ini biasanya diikuti dengan pemutihan gigi, yang dapat membuat warna gigi tampak lebih seragam.

Baca Juga: Mengenal Soal Internal Bleaching

2. Pemutihan gigi atau pemutihan

Memutihkan atau memutihkan gigi dapat membantu mengurangi munculnya bintik putih dan noda lainnya. Berbagai produk pemutih gigi, seperti strip dan pasta, tersedia di pasaran (OTC.) Orang juga dapat membeli produk ini secara online.

Orang dengan bintik-bintik putih juga dapat menemui dokter gigi untuk perawatan pemutihan profesional. Perawatan ini cenderung menggunakan solusi pemutihan yang lebih kuat daripada OTC yang tersedia, yang dapat membuatnya bekerja lebih baik.

3. Veneer gigi

Lapisan gigi tipis, penutup pelindung yang menempel pada permukaan depan gigi seseorang. Mereka dapat menyembunyikan bintik-bintik putih dan noda lainnya dengan sangat efektif.

Pelapis gigi hanya tersedia dari dokter gigi dan harus dipasang secara profesional. Ini bisa membuat mereka mahal.

4. Fluoride topikal

Seorang dokter gigi dapat mengoleskan fluoride topikal pada gigi orang dengan hipoplasia email gigi. Ini dapat mendorong perkembangan enamel pada gigi dan membantu mencegah kerusakan gigi.

Baca Juga: Mengenal Soal Internal Bleaching

5. Resin komposit.

Untuk orang-orang dengan hipoplasia enamel, seorang dokter gigi dapat menggunakan resin komposit untuk mengisi rongga dan untuk mengikat enamel luar gigi. Ini mungkin tidak cocok jika orang memiliki banyak bintik-bintik putih pada gigi mereka.

Tips Pencegahan

Mempraktikkan kebersihan gigi yang sangat baik dapat membantu mencegah bintik-bintik putih pada gigi serta noda lain, kerusakan gigi, penyakit gusi, atau masalah gigi lainnya.

The American Dental Association (ADA) merekomendasikan agar orang menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride dan menggunakan benang gigi di antara gigi mereka sekali sehari.

Bagi kebanyakan orang, bintik-bintik putih pada gigi berkembang sebelum mereka mencapai usia 10 tahun. Ini mungkin bervariasi pada beberapa orang.

Karena itu, sangat penting bagi orang untuk mendorong anak-anak mereka untuk memiliki kebersihan gigi yang baik dan kebiasaan pencegahan lainnya. Ini dapat membantu mereka memastikan gigi mereka tetap sehat dan kuat.

Mengikuti tips di bawah ini dapat membantu mencegah timbulnya bercak putih pada gigi anak-anak:

6. Menggunakan air bebas fluoride

Untuk bayi yang terutama memakan susu formula bayi, membuat susu formula mereka dengan air bebas fluoride dapat membantu mencegah kelebihan penumpukan fluoride di gigi mereka.

7. Menggunakan pasta gigi dalam jumlah yang tepat

Untuk anak-anak di bawah usia 3 tahun, orang harus memastikan bahwa mereka tidak menggunakan lebih dari satu noda pasta gigi, atau sejumlah ukuran sebutir beras, pada sikat gigi mereka.

Untuk anak-anak di atas usia 3 tahun, pengasuh harus memastikan mereka tidak menggunakan lebih dari pasta gigi seukuran kacang polong.

Anak kecil sering gagal mengeluarkan pasta gigi, jadi menggunakan sedikit saja dapat membantu mengurangi paparan fluoride secara keseluruhan. Mengawasi menyikat anak dapat membantu memastikan bahwa mereka menggunakan pasta gigi dalam jumlah yang sesuai dan tidak terlalu banyak menelan.

Baca Juga: Bleaching, Cara Tepat dan Cepat Memutihkan Gigi

8. Menguji air sumur

Orang-orang harus mempertimbangkan untuk menguji kadar fluoride air mereka setiap tahun jika rumah mereka terhubung dengan sumur pribadi. Kebijakan ini sangat penting bagi siapa pun yang memiliki anak kecil karena kadar fluoride alami dapat sangat bervariasi di berbagai tempat.

9. Mengikuti rekomendasi suplemen fluoride

ADA merekomendasikan suplemen fluoride untuk anak-anak berusia antara 6 bulan dan 16 tahun yang tinggal di daerah tanpa air berfluoridasi yang memiliki risiko tinggi mengalami kerusakan gigi. Suplemen ini hanya boleh digunakan jika dokter atau dokter gigi meresepkannya untuk seseorang.

10. Mengurangi makanan dan minuman manis dan asam

Enamel gigi dapat rusak dan risiko kerusakan gigi meningkat oleh beberapa makanan dan minuman, terutama yang tinggi gula atau asam.

Makanan dan minuman yang perlu diperhatikan antara lain:
[ul][li]jus jeruk dan buah-buahan, seperti grapefruit, lemon, dan jeruk.[/li]
[li]permen keras dan permen manis lainnya.[/li]
[li]soda dan minuman lain yang mengandung banyak gula, termasuk minuman olahraga.[/li][/ul]

Meskipun kadang-kadang makan makanan dan minuman ini mungkin tidak berbahaya, makan terlalu banyak atau terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan dan cacat, termasuk bercak putih.

Minum air setelah mengonsumsi makanan ini dapat membantu membersihkannya dari gigi dan mengurangi kemungkinan kerusakan. Minum melalui sedotan juga bisa membantu.

11. Mengunjungi dokter gigi

Siapa pun yang peduli dengan kesehatan gigi, harus berbicara dengan dokter gigi. Meskipun bintik-bintik putih pada gigi mungkin kurang diinginkan, biasanya tidak begitu diperhatikan. Namun, orang dengan hipoplasia email gigi mungkin berisiko tinggi mengalami kerusakan gigi dan pembusukan.

Jika seseorang memperhatikan bahwa bintik-bintik putih pada gigiberubah dalam ukuran atau jumlah, atau kamu mulai mengalami sakit gigi, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter gigi dapat mengevaluasi gejala dan kondisi gigi dan akan merekomendasikan rencana perawatan. Klik di sini untuk membuat jadwal konsultasi.


Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia hadir membawa konsep baru dalam dunia klinik gigi. Kami fokus pada pelayanan kualitas prima dengan harga yang terjangkau. Dengan konsep yang ceria, segar dan berwarna sehingga dapat menghilangkan kesan menakutkan akan perawatan di klinik gigi yang akan membuat anda nyaman dan lebih percaya diri.

Lokasi Klinik

Tebet, Kelapa Gading, Tanjung Duren, Serpong.

021 86611066

Reservasi perawatan via telepon.

Jam Buka Klinik

Senin - Minggu : 8:00 - 22:00 (kecuali hari libur nasional)

Buat Jadwal Temu

Reservasi perawatan via chat Whatsapp.