Menggunakan Karet Behel Itu Wajib? Kata Siapa?

menggunakan karet behel itu wajib - dental universe indonesia

Menggunakan Karet Behel Itu Wajib? Kata Siapa?

Menggunakan karet behel atau kawat gigi mungkin jadi challenge paling menantang bagi sebagian orang. Bagaimana bisa sesuatu yang sangat kecil kadang membuat ragu? Mengapa harus penuh pertimbangan sebelum pasang behel? Apakah karet behel benar-benar berfungsi? Bagaimana cara kerja karet behel? Berapa lama karet itu dipakai?

Ketika kamu menggunakan karet behel, itu bisa karena beberapa alasan. Sebagian besar yaitu menyatu dengan behel gigi untuk memperbaiki kondisi gigi yang bermasalah.

Karet behel biasa digunakan dengan kawat gigi, namun kebanyakan orang tidak terlalu pusing dengan hal itu. Ini disebut ligature band dan mereka digunakan untuk menahan tekanan dari bracket. Ketika orang berpikir tentang warna karet behel, inilah yang paling sering mereka pikirkan.

Dokter gigi menggunakan karet behel untuk membantu kawat gigi bekerja lebih cepat. Karet behel memberi tekanan pada rahang dan membantu menggerakkan kedua gigi dan menarik ke posisi yang lebih benar. Sebagian besar karet behel harus terus dikenakan 24 jam sehari. Hanya ketika gigi kamu sudah rapi dan dokter menyarankan kamu menggunakan retainer, saat itulah kamu tidak perlu lagi menggunakan karet behel.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Warna Karet Behel

Berapa lama kamu perlu memakai karet behel yang tepat tergantung pada dokter gigi. Biasanya, karet behel digunakan sepanjang waktu selama kamu pakai behel, jadi akan menjadi investasi beberapa tahun.

Bagian-bagian dari Behel Gigi

Untuk menjelaskan perlunya pakai karet behel, mari kita lihat berbagai bagian dari behel gigi.

  • Benda logam berbentuk persegi disebut bracket.
  • Bracket terhubung melalui archwire, yang merupakan kekuatan yang diperlukan untuk mengarahkan dan memindahkan gigi.
  • bagian-bagian behel metal - dental universe indonesia

  • Karet behel dililitkan di masing-masing kawat gigi, ini disebut ligatures atau pengikat. Karet pengikat ini bisa sangat berwarna. Tetapi tujuannya lebih dari sekadar hiasan. Fungsi utama yaitu untuk menahan archwire tetap pada tempatnya. Ligature ini tetap di tempatnya sampai kamu mengunjungi dokter gigi berikutnya. Kamu dapat menggunakan warna karet behel sepenuhnya, dengan warna apa saja. Tentu ketika dokter gigi sudah menyesuaikan kawat gigi atau mengencangkan archwire.

Karet behel ini perlu diganti untuk menjaga kualitas dari behel yang dikenakan. Kamu juga harus membersihkannya setelah makan dan saat menyikat gigi.

Apakah Semua Kawat Gigi Pakai Karet?

Biasanya, semua behel metal memang menggunakan karet behel. Pita-pita ini adalah pita pengikat untuk menahan pos di tempatnya. Tidak semua kawat gigi akan memiliki ini. Misalnya, behel damon yang menggunakan teknologi berbeda dan tidak memerlukan karet behel. Dokter gigi akan menggunakan karet behel ketika gigi tertentu perlu didorong atau ditarik ke posisi yang tepat.

Karet behel kamu tidak terlalu terlihat. Ada beberapa jenis karet behel yang digunakan untuk berbagai keperluan. Pada akhirnya, karet behel membantu memperbaiki bagian terpenting dari gigi, yaitu gigitan. Ketika kamu memiliki gigitan yang tepat, rasa sakit saat behel bekerja menjadi lebih sedikit, dan mengurangi masalah gigi.

Warna Karet Behel

Semua warna pelangi ada pada karet behel. Kamu bisa memakai karet behel berwarna apa saja selama kamu benar-benar menginginkannya. Ini mungkin salah satu hal yang menyenangkan dari pasang behel. Dan tahukah kamu bahwa kamu bisa menggunakan karet warna-warni?

Sebenarnya, kombinasi warna karet behel tidak ada habisnya. Kamu perlu konsultasi dengan dokter untuk melihat mana yang paling cocok untukmu, sekadar memastikan apakah pilihanmu itu tepat.

Baca Juga: Kira-kira Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Karet Behel?Β 

Warna karet behel terbaik yang terlihat bagus adalah benar-benar pilihan kamu. Apakah kamu penggemar sebuah warna misal biru, atau bintik-bintik? Tergantung di mana kamu tinggal, warna karet behel yang paling populer bisa merah, biru, atau perak. Biasanya, orang-orang di Amerika Timur Laut lebih suka merah. Di Amerika Serikat bagian barat, mereka lebih suka pastel. India lebih suka warna pelangi. Dan berbagai negara di Eropa terus berubah, sehingga kita tidak bisa mengimbangi selera dan pilihan.

Itulah sedikit penjelasan tentang menggunakan karet behel. Wajib atau tidak, karet behel digunakan selama kamu pasang behel (kecuali behel Damon karena tak membutuhkan karet). Hanya kamu bebas memilih, mau pakai karet behel warna apa?
Untuk informasi reservasi, buat jadwal dokter, segera hubungi Dental Universe Indonesia (klik di sini).


Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia hadir membawa konsep baru dalam dunia klinik gigi. Kami fokus pada pelayanan kualitas prima dengan harga yang terjangkau. Dengan konsep yang ceria, segar dan berwarna sehingga dapat menghilangkan kesan menakutkan akan perawatan di klinik gigi yang akan membuat anda nyaman dan lebih percaya diri.

Lokasi Klinik

Tebet, Kelapa Gading, Tanjung Duren, Serpong.

021 86611066

Reservasi perawatan via telepon.

Jam Buka Klinik

Senin - Minggu : 8:00 - 22:00 (kecuali hari libur nasional)

Buat Jadwal Temu

Reservasi perawatan via chat Whatsapp.