fbpx

Manfaat fluoride cukup berpengaruh bagi kesehatan gigi. Fluoride adalah salah satu senyawa yang menjadi bahan pembuatan pasta gigi. Senyawa ini disinyalir oleh kebanyakan ahli berfungsi untuk membuat gigi menjadi lebih kuat dan dilarang keras untuk dikonsumsi. Senyawa fluoride adalah suatu garam fluoride yang banyak tersedia di alam seperti sodium fluoride, calcium fluoride, ammonium fluoride, magnesium fluoride dan masih banyak lagi.

Berikut ini beberapa manfaat fluoride bagi kesehatan gigi.

  • Mineral pada gigi

Menurut Kompas Health, mineral pada fluoride berfungsi untuk memberikan mineral pada gigi. Hal itulah yang membuat gigi menjadi kokoh, begitupun sebaliknya, tanpa mineral fluoride maka gigi akan menjadi rapuh atau mudah goyang.

  • Menghilangkan plak

Banyaknya mikroorganisme yang melekat pada gigi atau biasa dikenal dengan istilah plak pada gigi. Jelas bila hal ini diabaikan akan mengancam kesehatan gigi Anda. Penggunaan fluoride akan mencegah mikrooragnisme tersebut untuk tidak menempel pada gigi Anda.

Selain dari eksistensi mineral fluoride di dalam pasta gigi, rupanya sumber senyawa fluoride dapat dijumpai dari berbagai sumber. Seperti air minum (terutama yang sumbernya dari sumur pompa tangan atau sumur dangkal), air minum yang melalui proses florinasi, kentang, garam berfluoride, makanan-makanan laut, teh hijau, minuman mengandung soda, jus buah, sereal, juga dalam makanan formula yang dibuat khusus untuk bayi. Fluoride juga bisa dioleskan langsung di gigi oleh dokter gigi dalam bentuk gel, foam, atau pernis, seperti gambar berikut :

Manfaat Fluoride Dioles Dokter Gigi - Dental Universe Indonesia

Manfaat Fluoride Dioles Dokter Gigi – Dental Universe Indonesia

Sama seperti mineral dan vitamin lainnya, manfaat fluoride dibutuhkan oleh tubuh manusia, terutama untuk kekuatan gigi. Berdasarkan jenis kelamin dan juga usia, kebutuhan harian fluoride bagi tiap orang berbeda-beda.

Efek Kekurangan Fluoride

jika tubuh kita kekurangan fluoride, maka efek-efek berikut inilah yang akan terjadi:

  1. Karies Gigi

Bicara soal kekurangan fluoride, karena fungsinya adalah untuk menebalkan enamel, tentu saat kadarnya berkurang enamel gigi akan terus menipis akibat asam yang menumpuk. Dengan membiarkan hal ini terjadi tanpa menambah kadar fluoride, akan tiba masanya kemunculan karies gigi.

  1. Osteoporosis dan Pengeroposan Gigi
Clinpro White Varnish Fluoride - 3M ESPE - Dental Universe Indonesia

Manfaat Fluoride Clinpro White Varnish – 3M ESPE – Dental Universe Indonesia

Fluoride sangat berguna dalam hal remineralisasi tulang maupun gigi sehingga gigi dan tulang tak akan pernah kehilangan mineral secara permanen. Namun ketika kadar fluoride menurun di dalam tubuh, gejala tulang rapuh dapat terjadi diakibatkan oleh demineralisasi di bagian tersebut. Osteporosis, pengeroposan gigi serta patah tulang adalah potensi efek yang terjadi ketika fluoride tak terpenuhi.

Efek Kelebihan Fluoride

Setelah tahu beberapa manfaat fluoride, sebaliknya, dampak kesehatan apa saja yang akan terjadi ketika kadar fluoride terlalu berlebihan?

  1. Fluorisis

Efek yang akan terjadi pada anak dengan pemberian fluoride terlalu banyak adalah fluorisis di mana ini juga disebut juga dengan pengapuran gigi. Keadaan gigi yang seperti ini juga dianggap sebagai komplikasi yang bahkan juga dapat muncul bercak pada gigi berwarna kecoklatan.

  1. Kerusakan Tulang

Walau mampu menguatkan gigi, terlalu tingginya kadar fluoride pada tubuh kita justru tidak baik untuk tulang dan bahkan berpotensi menimbulkan kerusakan. Risiko patah tulang pun akan meningkat khususnya bagi yang sudah lanjut usia dan kelebihan fluoride.

  1. Pubertas Dini

Bagi anak-anak yang masuk masa remaja, pubertas dini justru bisa menjadi efek dari kebanyakan fluoride di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan telah ditemukan sejumlah penelitian yang menghubungkan antara produksi kelenjar pineal dengan fluoride pada jumlah yang tinggi.

  1. Kerusakan Otak

Organ otak kita pun bisa terkena dampak bahaya dari akumulasi fluoride di dalam tubuh, sehingga kesehatan sistem saraf otak pun terganggu. Terlalu banyaknya fluoride bisa  mengalami risiko penyakit alzheimer lebih tinggi dari mereka yang memenuhi asupan fluoride pada takaran normal.

  1. Kerusakan Sistem Reproduksi

Fluoride pada kadar tinggi diketahui dapat memengaruhi produksi sperma pada pria secara kuantitas maupun kualitas. Hal ini cukup mengerikan karena hal ini sudah dibuktikan melalui sebuah percobaan kepada binatang yang diberikan fluoride dosis tinggi sehingga sistem reproduksi hewan itu mengalami kerusakan. Rupanya, hal tersebut juga bisa dialami oleh manusia.

  1. Penurunan Fungsi Tiroid

Kelebihan fluoride dapat mempengaruhi dan menurunkan fungsi tiroid. Tanda-tanda dari gejala fungsi tiroid menurun adalah, kolesterol tinggi, sendi terasa nyeri, berat badan meningkat, tubuh terasa mudah lemas dan cepat lelah, depresi, penyakit jantung,

Baca Juga: Mengapa Pakai Behel Itu Sakit? 

  1. IQ Rendah

Kebanyakan kadar fluoride di dalam tubuh mampu memberikan efek pada IQ kita. Ada banyak orang yang sebenarnya masih belum mudah sadar, yang jelas konsumsi akan air dengan kandungan fluoride tinggi bakal menurunkan fungsi otak dan membuat kinerjanya tidak maksimal sehingga berimbas pada IQ yang rendah pula.

Itulah sedikit penjelasan mengenai fluoride. Jangan lupa konsultasi kesehatan gigi di Dental Universe Indonesia ya!

Reference:

http://www.systemasolution.com/news/fungsi-fluoride-yang-ada-pada-pasta-gigi-untuk-kesehatan-gigi

https://halosehat.com/gizi-nutrisi/mineral/fluoride

https://lifestyle.kompas.com/read/2012/12/04/16570854/apa.manfaat.fluoride.dalam.pasta.gigi