Tahukah kamu apa manfaat asuransi gigi? Ini merupakan layanan asuransi yang menanggung biaya perawatan para pesertanya.

Gigi yang terawat tentunya mempunyai senyum yang indah. Anda dapat tersenyum sebagaimaan biasanya dan tampil percaya diri. Dengan merawat gigi, Anda dapat mencegah gigi berlubang, sehingga memungkinkan Anda terhindar dari rasa sakit gigi yang begitu nyeri. Di sinilah peran asuransi, yaitu membantu banyak orang menganggarkan biaya secara efektif untuk merawat gigi mereka.

Dibandingkan asuransi kesehatan, memahami kebijakan asuransi untuk gigi cukup mudah. Sebagian besar kebijakan asuransi gigi bersifat langsung dan spesifik, terutama mengenai perawatan gigi apa saja yang bisa di-cover. Jadi untuk perawatan gigi yang tidak ditanggung seluruhnya, ada biaya yang harus Anda bayar sendiri. Hal ini yang pertama perlu Anda ketahui.

Manfaat Asuransi Gigi

Asuransi gigi digunakan sebagai bagian dari rencana asuransi kesehatan atau sebagai perawatan diri. Mencakup masalah yang berkaitan dengan gigi dan gusi, serta perawatan pencegahan seperti pemeriksaan dan pembersihan gigi rutin.

Kendatipun tidak semua perawatan tercakup ke dalam asuransi, misal perawatan gigi estetis seperti bleaching atau pasang behel, Anda tetap dapat menggunakannya untuk perawatan seperti tambal dan cabut gigi.

Baca Juga: Perawatan Tambal Gigi Ditanggung Asuransi AdMedika

Hal yang perlu Anda ketahui berikutnya, asuransi gigi mempunyai batas tanggungan atau nilai maksimum perawatan. Ini bukan apa-apa tinimbang manfaat asuransi gigi yang Anda dapatkan.

Perawatan-perawatan yang di-cover oleh asuransi gigi, antara lain:

  • Perawatan Dasar (cabut gigi dan tambal gigi)
  • Perawatan Pencegahan (Scaling, Fluor Poleh/Topical Aplikasi)
  • Perawatan Perbaikan (Crown, Bridge, Jacket, Uplay, Onlay, Inlay)
  • Perawatan Kompleks (Odontektomi, Alveoktomi, Apicoectomi, Apicoreseksi, Odontoma)
  • Perawatan Gusi (Curetage gusi atau gingvectomy)
  • Perawatan Gigi Palsu (Gigi tiruan sebagian lepasan dan gigi tiruan penuh)

Asuransi Gigi Tidak Mencakup Perawatan Kecantikan

Sebagian besar asuransi gigi tidak menanggung biaya untuk perawatan kecantikan seperti pasang behel gigi, teeth whitening, veneer dan pembentukan gusi. Karena perawatan-perawatan tersebut lebih ditujukan untuk meningkatkan tampilan gigi Anda, bukan termasuk medis. Maka perawatan harus dibayar sepenuhnya oleh pasien.

Perawatan Gigi dengan Asuransi

Dental Universe Indonesia bekerja sama dengan asuransi gigi AdMedika. Bagi Anda yang termasuk ke dalam kepesertaan asuransi AdMedika, Anda dapat perawatan di seluruh cabang klinik gigi kami. Namun sebelum Anda datang ke klinik, Anda dianjurkan untuk reservasi terlebih dahulu. Klik di sini untuk reservasi.

Untuk mendapatkan info menarik dan promo terbaru, Anda dapat mengikuti kami di Instagram @dentaluniverse.