Behel atau sering dikenal dengan kawat gigi adalah salah satu trend yang sedang meroket beberapa waktu ini. Sebenarnya behel merupakan salah satu tindakan yang dilakukan pada rongga mulut untuk menjaga gigi tetap sehat dan rapi. Behel gigi yang dipasang nantinya akan menekan barisan gigi untuk bergerak ke arah tertentu secara perlahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Semua tergantung dari jenis-jenis behel yang digunakan.

Seseorang memilih dari jenis-jenis behel untuk digunakan olehnya. Biasanya seseorang memakai behel dengan alasan estetika karena merasa kurang percaya diri dengan gigi yang tidak rata. Selain itu, penggunaan kawat gigi bisa menata pola pertumbuhan gigi yang kadang bergeser ataupun berpindah tempat. Perlu diketahui ada beberapa jenis behel yang bisa disesuaikan dengan biaya dan tentu saja keadaan gigi kamu. Berikut jenis-jenis behel yang populer di masyarakat:

  1. Behel metal

Jenis Behel Metal Premium - Dental Universe Indonesia

Behel metal terbuat dari biji-biji kecil yang terbuat dari logam dan menempel kuat pada gigi dan kemudian dihubungkan dengan kawat penghubung. Keunggulan behel metal adalah memilki karet warna-warni yang lucu dan menarik sehingga menjadi suatu gaya tersendiri. Behel jenis ini akan bertahan cukup lama tanpa menimbulkan karat.

  1. Behel transparan

Jenis Behel Sapphire - Dental Universe Indonesia

Behel jenis ini merupakan jenis behel yang memiliki bracket transparan. Behel jenis ini lebih tersamar sehingga tidak terlalu kelihatan memakai behel dan cukup nyaman saat dipakai, baik untuk mengunyah atau berbicara. Behel ini cocok untuk orang yang sangat peduli dengan penampilan. Jenis dari behel transparan adalah behel ceramic dan behel sapphire.

  1. Behel damon

Promo Behel Damon - Dental Universe Indonesia

Behel damon adalah behel dengan teknologi self ligating yang lebih baru dibandingkan behel jenis lainnya. Behel jenis ini memungkinkan untuk tidak perlu mencabut gigi. Behel jenis ini bergerak lebih cepat dan mengurangi rasa sakit dalam memperbaiki kondisi gigi. Dalam perawatannya tidak menggunakan karet, tetapi memiliki penyangga khusus untuk menyangga kawat yang digunakan.

  1. Invisalign

Invisalign adalah jenis behel gigi berupa plastik transparan yang dapat dipasang dan dilepas sendiri pada gigi. Behel jenis ini hanya dianjurkan bagi orang-orang yang memiliki kasus pergeseran gigi yang ringan. Ada baiknya yang memiliki kasus perubahan bentuk rahang atau gigi yang rumit, menghindari penggunaan behel jenis ini.

Baca Juga: Pentingnya Melakukan Rontgen Gigi Sebelum Pemasangan Behel

Nah sudah tahu kan DUIon? Jangan lupa untuk selalu memeriksakan gigi paling tidak 6 bulan sekali ya DUIon. Kalau kamu ada rencana ingin melakukan pemeriksaan gigi, kamu bisa langsung aja datang ke Dental Universe Indonesia dan dapatkan konsultasi secara GRATISSS !!! Ssstt banyak promo menarik juga lhoo !! Reservasikan diri kamu sekarang juga di 0813-8000-0392 (Kelapa Gading), 0813-8000-0372 (Tebet) atau 0812-1165-0012 (Serpong).

https://ruangsehat.net/macam-macam-behel-dan-harga-pasangnya/