Informasi Gigi Palsu yang Mungkin Belum Kamu Tahu

informasi gigi palsu - pasang - harga - dental universe indonesia

Informasi Gigi Palsu yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Untuk kamu yang sedang mencari informasi gigi palsu, kamu bisa menemukannya di artikel ini. Semua tentang gigi palsu yang kamu butuhkan. Dari jenis-jenis gigi palsu, cara merawat dan membersihkannya, sampai mengira-ngira biaya pemasangan. Penasaran? Langsung dibaca saja…

Gigi palsu adalah alat untuk menggantikan gigi yang hilang dan membantu kamu tersenyum kembali. Misal kehilangan semua gigi alami, baik karena penyakit gusi, kerusakan gigi atau cedera, mengganti gigi yang hilang akan bermanfaat bagi penampilan dan kesehatan. Itu karena gigi palsu membuat makan menjadi lebih mudah dan berbicara jadi lebih baik daripada yang bisa dilakukan tanpa gigi — hal-hal yang sering diremehkan oleh banyak orang.

Ketika kamu kehilangan semua gigi, otot-otot wajah bisa melorot. Ini bisa membuat kamu terlihat lebih tua. Tapi tidak perlu pusing. Gigi palsu dapat mengganti kekosongan itu. dan dapat dibuat menyerupai gigi alami, sehingga penampilan kamu tidak banyak berubah. Gigi palsu bahkan dapat meningkatkan senyumanmu.

Gigi palsu ada yang bisa dilepas juga ada yang ditanam ke gigi. Gigi palsu yang bisa dilepas terbuat dari akrilik (plastik), nilon atau logam. Mereka (gigi palsu) pas di gusi untuk mengganti gigi yang hilang.

perawatan gigi palsu - dental universe indonesia

Terkadang gigi perlu dicabut dan diganti. Karena itu kamu mungkin memerlukan:
1. gigi palsu lengkap (satu set lengkap) – menggantikan semua gigi atas atau bawah, atau
2. gigi palsu sebagian – menggantikan hanya 1 gigi atau beberapa gigi yang hilang

Bagaimana gigi palsu dipasang

1. Gigi palsu lengkap

Gigi tiruan lengkap akan dipasang jika semua gigi atas atau bawah perlu dicabut atau kamu sedang mengganti gigi tiruan lengkap sebelumnya.

Gigi tiruan biasanya akan dipasang segera setelah gigi dicabut, itu artinya kamu tidak akan kehilangan gigi. Gigi tiruan akan pas dengan gusi dan tulang rahang.

Baca Juga: Perawatan Gigi Palsu, Begini Cara Membersihkannya!

Tetapi jika kamu memiliki gigi palsu yang langsung dipasang setelah pencabutan beberapa gigi, gusi dan tulang akan berubah bentuk dengan cukup cepat dan gigi palsu mungkin perlu dilepas kembali atau diperbaiki setelah beberapa bulan.

Kadang-kadang, gusi mungkin perlu dibiarkan sembuh dan berubah bentuk selama beberapa bulan sebelum gigi palsu dapat dipasang.

Kamu dapat mengunjungi dokter gigi untuk membuat dan memasang gigi palsu. Dokter akan melakukan pengukuran dan cetakan (cetakan) mulut kamu, dan kemudian memesan gigi palsu.

2. Gigi palsu sebagian

Gigi tiruan sebagian dirancang untuk mengisi celah yang ditinggalkan oleh satu atau lebih gigi yang hilang. Terbuat dari plastik, nilon atau pelat logam dengan sejumlah gigi palsu yang melekat padanya.

Gigi tiruan ini biasanya direkatkan ke beberapa gigi alami melalui penjepit logam, yang memegangnya dengan aman di tempatnya di mulut. Itu dapat dengan mudah dilepas dan dipasang kembali.

Bridge gigi adalah alternatif untuk gigi tiruan sebagian dan mungkin cocok untuk beberapa orang. Crown diletakkan di gigi di antara sisi celah dan disatukan oleh gigi palsu yang diletakkan di celah itu.

Merawat gigi palsu

Awalnya gigi palsu mungkin terasa sedikit aneh, tetapi kamu akan segera terbiasa menggunakannya. Kamu mungkin perlu memakai gigi palsu sepanjang waktu, termasuk saat tidur.

Dokter gigi akan memberi tahu kamu apakah kamu harus melepas gigi palsu sebelum tidur. Tidak harus selalu melepaskan gigi palsu di malam hari, tetapi hal itu dapat membuat gusi kamu beristirahat saat tidur.

Informasi gigi palsu yang mungkin belum kamu tahu. Jika kamu melepas gigi palsu, ia harus tetap lembab. Misalnya, dalam air atau kantong plastik dengan wol kapas yang dibasahi, atau dalam larutan pembersih gigi tiruan selama semalam.

Cara merawat gigi palsu ini akan menghentikan bahan gigi tiruan mengering dan berubah bentuk.

Kebersihan gigi

Menjaga mulut tetap bersih sama pentingnya saat kamu memakai gigi palsu.

Kamu harus menyikat gigi, gusi, dan lidah yang tersisa setiap pagi dan sore hari dengan pasta gigi berfluoride untuk mencegah kerusakan gigi, penyakit gusi, dan masalah gigi lainnya.

Membersihkan gigi palsu

Sangat penting untuk secara teratur menghilangkan plak dan endapan makanan dari gigi palsu kamu. Ini karena gigi palsu yang tidak bersih juga dapat menyebabkan masalah, seperti bau mulut, penyakit gusi, kerusakan gigi dan sariawan.

Bersihkan gigi palsu kamu sesering gigi normal (setidaknya dua kali sehari: setiap pagi dan malam).

perawatan gigi palsu - dental universe indonesia

Hal-hal yang kamu perlu lakukan:

  • sikat gigi palsu kamu dengan pasta gigi atau sabun dan air sebelum merendamnya untuk menghilangkan sisa makanan
  • rendam dalam larutan bersoda tablet pembersih gigi tiruan untuk menghilangkan noda dan bakteri (ikuti instruksi pabrik)
  • sikat lagi seperti yang kamu lakukan pada gigi normal (tetapi jangan menggosoknya terlalu keras)

Informasi gigi palsu yang mungkin belum kamu tahu. Gigi palsu bisa pecah jika kamu menjatuhkannya. Jadi kamu harus membersihkannya di atas mangkuk atau bak berisi air, atau sesuatu yang lembut seperti handuk yang dilipat.

Makan dengan gigi palsu

Saat pertama kali mulai memakai gigi palsu, kamu harus makan makanan lunak yang dipotong kecil-kecil dan kunyah perlahan, menggunakan kedua sisi mulut.

Hindari mengunyah permen karet dan makanan apa pun yang lengket, keras atau memiliki pinggiran yang tajam.
Kamu secara bertahap dapat mulai makan jenis makanan lain sampai kembali ke diet makan lama. Jangan pernah gunakan tusuk gigi.

Perekat gigi tiruan

Jika gigi palsu kamu pas, kamu tidak perlu menggunakan gigi tiruan (perekat).

Tetapi jika tulang rahang kamu telah menyusut secara signifikan, perekat mungkin merupakan satu-satunya cara untuk membantu mempertahankan gigi palsu kamu.

Baca Juga: Gigi Palsu Jadul Versus Gigi Palsu Masa Kini

Dokter gigi akan memberi tahu kamu jika ini masalahnya.

Pada awalnya, beberapa orang merasa lebih percaya diri dengan gigi palsu mereka jika mereka menggunakan perekat. Ikuti instruksi pabrik dan hindari menggunakan jumlah berlebihan.

Perekat bisa dilepas dari gigi tiruan dengan menyikat dengan sabun dan air.

Sisa-sisa perekat yang tersisa di mulut mungkin perlu dihilangkan dengan beberapa rol dapur yang lembab atau flanel basah yang bersih.

Kapan menemui dokter gigi?

Kamu harus terus mengunjungi dokter gigi secara teratur jika kamu memiliki gigi palsu (bahkan jika kamu memiliki gigi palsu lengkap), sehingga mereka dapat memeriksa masalah apa pun.

Gigi palsu kamu harus bertahan beberapa tahun jika kamu merawatnya dengan baik.

Tetapi gusi dan tulang rahang kamu pada akhirnya akan menyusut, yang berarti gigi palsu tersebut mungkin tidak pas seperti dulu dan bisa menjadi longgar, atau mungkin menjadi usang.

Temui dokter gigi sesegera mungkin jika:

  • gigi palsu goyang saat berbicara
  • gigi palsu cenderung longgar, atau kamu merasa gigi itu tidak lagi pas
  • gigi palsu terasa tidak nyaman
  • gigi palsu terlihat aus
  • Kamu memiliki tanda-tanda penyakit gusi atau kerusakan gigi, seperti gusi berdarah atau bau mulut.

Jika gigi palsu yang tidak pas atau aus tidak diganti, mereka dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang hebat dan menyebabkan luka pada mulut, infeksi atau masalah makan dan berbicara.

Berapa biaya pasang gigi palsu di Dental Universe Indonesia?

Jika kamu ingin mendapatkan informasi gigi palsu lebih lanjut, kamu bisa membuat jadwal konsultasi di semua klinik Dental Universe Indonesia. Dokter akan menjelaskan secara rinci, termasuk biaya pasang gigi palsu. Klik di sini.


Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia hadir membawa konsep baru dalam dunia klinik gigi. Kami fokus pada pelayanan kualitas prima dengan harga yang terjangkau. Dengan konsep yang ceria, segar dan berwarna sehingga dapat menghilangkan kesan menakutkan akan perawatan di klinik gigi yang akan membuat anda nyaman dan lebih percaya diri.

Lokasi Klinik

Tebet, Kelapa Gading, Tanjung Duren, Serpong.

021 86611066

Reservasi perawatan via telepon.

Jam Buka Klinik

Senin - Minggu : 8:00 - 22:00 (kecuali hari libur nasional)

Buat Jadwal Temu

Reservasi perawatan via chat Whatsapp.