Fluoride untuk Anak, Apakah Harus? – Dental Universe Indonesia

Fluoride untuk Anak, Apakah Harus?

fluoride untuk anak - dental universe indonesia

Fluoride untuk Anak, Apakah Harus?

Tahukah Anda gigi berlubang adalah penyakit paling umum pada anak-anak dan orang dewasa? Fluoride adalah salah satu cara terbaik dan teraman yang dapat mencegah gigi berlubang untuk anak-anak dan orang dewasa. Tapi fluoride untuk anak, apakah harus?

Mulut mengandung bakteri pemakan gula. Bakteri ini memakan gula yang terdapat dalam makanan dan minuman yang Anda dan anak Anda konsumsi. Bakteri ini kemudian menghasilkan asam yang dapat mengikis cangkang luar gigi yang keras (enamel). Asam inilah yang dapat menyebabkan gigi berlubang dan rentan terhadap anak-anak.

Fluoride melindungi gigi, membuatnya menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap asam. Tidak hanya mengurangi risiko gigi berlubang, tanda-tanda awal kerusakan juga dapat dicegah dengan fluoride.

Fluoride untuk Anak

Dengan begitu banyak informasi di internet mengenai pasta gigi dan obat kumur yang mengandung fluoride, Anda mungkin justru menjadi bingung. Seperti kapan anak-anak mulai menggunakannya, termasuk perawatan pencegahan gigi berlubang di klinik gigi Dental Universe Indonesia.

Dari beberapa sumber tentang kesehatan gigi yang telah dikumpulkan, salah satunya dari bank penelitian Ministry of Health (United Arab Emirates), berikut beberapa cara merawat gigi anak-anak dengan menggunakan fluroride:

1. Pasta gigi berfluoride

  • Pasta gigi harus mengandung tidak kurang dari 1000 ppm fluorida – periksa labelnya.
  • Anak-anak di bawah usia 5 tahun hanya boleh menggunakan sedikit pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Anak-anak di atas usia 6 dapat menggunakan pasta gigi berfluoride seukuran kacang polong.
  • Pasta gigi berfluoride rendah, yaitu kurang dari 1000 ppm, perlu diingat bahwa semakin sedikit fluoride maka semakin tinggi risiko gigi berlubang.
  • Dampingi anak-anak Anda saat mereka menyikat gigi menggunakan pasta gigi.
  • Anak-anak tidak boleh memakan atau menelan pasta gigi.
  • 2. Perawatan Fluoridasi

  • Perawatan fluoridasi digunakan pada anak-anak di atas usia 12 bulan dan dilakukan oleh profesional, yaitu dokter gigi.
  • Hanya dokter gigi yang dapat melakukan perawatan fluoridasi dengan cara yang tepat untuk anak-anak.
  • 3. Obat kumur Fluoride

  • Anak-anak di bawah usia 6 tahun tidak direkomendasikan menggunakan obat kumur berfluoride.
  • Anak-anak di atas usia 6 dapat menggunakan obat kumur yang mengandung fluoride, terutama anak-anak yang berisiko tinggi terhadap berkembangnya gigi berlubang.
  • Obat kumur tidak boleh ditelan.
  • Perawatan Fluoride

    Kebanyakan air minum botolan mengandung jumlah fluoride yang rendah. Sebagai upaya pencegahan untuk kerusakan gigi, Anda dapat memulainya di rumah. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan pasta gigi berfluoride.

    Baca Juga: Manfaat Fluoride bagi Kesehatan Gigi

    Mengobati gigi berlubang itu penting. Namun, mencegah gigi berlubang adalah yang terbaik yang dapat Anda lakukan. Di situlah manfaat dari fluoride untuk anak. Lakukan pemeriksaan gigi anak secara rutin.

    Hubungi Dental Universe Indonesia untuk perawatan fluoridasi, fissure sealant, atau tambal gigi. Anda bisa membuat jadwalnya di sini (Whatsapp dan reservasi), atau lewat instagram @dentaluniverse.


    Dental Universe Indonesia

    Dental Universe Indonesia

    Dental Universe Indonesia hadir membawa konsep baru dalam dunia klinik gigi. Kami fokus pada pelayanan kualitas prima dengan harga yang terjangkau. Dengan konsep yang ceria, segar dan berwarna sehingga dapat menghilangkan kesan menakutkan akan perawatan di klinik gigi yang akan membuat anda nyaman dan lebih percaya diri.

    Leave comment

    Lokasi Klinik

    Tebet, Kelapa Gading, Pondok Gede, Jatiwaringin

    021 86611066

    Reservasi perawatan via telepon.

    Jam Buka Klinik

    Senin - Minggu : 8:00 - 22:00 (kecuali hari libur nasional)

    Buat Jadwal Temu

    Buat jadwal perawatan Anda di sini.