Bahaya Karang Gigi Jika Dibiarkan Menumpuk - Dental Universe Indonesia

Bahaya Karang Gigi Jika Dibiarkan Menumpuk

Bahaya Karang Gigi - Dental Universe Indonesia

Bahaya Karang Gigi Jika Dibiarkan Menumpuk

Tahukah kamu bahaya karang gigi jika dibiarkan menumpuk? Tentu saja jika tak dibersihkan, karang gigi dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Karang gigi atau yang dikenal dengan istilah kalkulus adalah penumpukkan plak pada gigi yang terjadi akibat gigi tidak dibersihkan atau jarang menggosok gigi. Jika kalkulus atau karang gigi ini sudah terbentuk pada gigi, maka tidak dapat dibersihkan dengan hanya menyikat gigi saja, melainkan harus dibersihkan dan dihilangkan dengan menggunakan alat yang terdapat pada klinik dokter gigi.

Mari kita kenali bahaya karang gigi jika dibiarkan menumpuk!

Kalkulus adalah suatu dental plak yang termineralisasi—yang kemudian mengeras dan melekat erat pada permukaan gigi. Plak merupakan faktor utama terjadinya kalkulus. Plak gigi adalah deposit lunak yang membentuk biofilm pada permukaan gigi, melekat erat pada permukaan gigi dan jaringan keras sekitar gigi. Apabila plak tidak dibersihkan, lama kelamaan plak tersebut akan membentuk kalkulus atau karang gigi.

Berdasarkan letak, kalkulus gigi dibagi menjadi dua tempat, yaitu kalkulus supragingiva dan kalkulus subgingiva. Kalkulus supragingival terletak diatas permukaan gusi dan dapat terlihat secara klinis. Sedangkan kalkulus subgingiva terletak dibawah permukaan gusi sehingga secara klinis tidak dapat terlihat.

Bahaya Karang Gigi Kalkulus - Dental Universe Indonesia
Bahaya Karang Gigi Kalkulus – Dental Universe Indonesia

Bahaya karang gigi atau kalkulus ini ditandai dengan berbagai macam gejala, seperti:

• Bau mulut (halitosis)
  • Peradangan pada gusi, gusi tampak kemerahan dan bengkak
  • Gusi terasa sakit dan juga terjadi pendarahan saat menggosok gigi
  • Gigi goyang

Ada beberapa macam penyakit yang dapat ditimbulkan oleh karang gigi. Penyakit yang paling sering terjadi adalah penyakit periodontal, seperti gingivitis (peradangan pada gusi) dan juga periodontitis (peradangan yang terjadi pada jaringan periodontal). Gejala awal yang terjadi pada penyakit periodontal adalah gusi berdarah dan bengkak. Apabila infeksi bakteri pada kalkulus sudah menyebar maka dapat merusak struktur jaringan penyangga, seperti tulang sekitar gigi dan juga ligament periodontal yang menyebabkan gigi goyang dan harus dicabut.

Para ilmuwan juga menemukan, adanya koneksi antara penyakit pada gusi dan juga penyakit tubuh lainnya. Yaitu, atherosclerosis, penyakit jantung, diabetes, stroke dan juga gangguan pernapasan.

Bahaya karang gigi peradangan gusi - Dental Universe Indonesia
Bahaya karang gigi peradangan gusi – Dental Universe Indonesia

Jika tidak mau memiliki kondisi gigi dan gusi seperti diatas, alangkah baiknya kita mencegah dan melakukan upaya pembersihan plak dan karang gigi. Plak dapat dihilangkan dengan cara kontrol plak, yaitu dengan cara-cara seperti di bawah ini:

• menyikat gigi kita dua hari sekali—saat pagi setelah makan dan juga malam sebelum tidur
  • lakukan flossing pada sela-sela gigi dengan dental floss
  • gunakan obat kumur anti-bakteri untuk mengurangi bakteri pada rongga mulut
  • kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan juga perbanyak minum air putih