fbpx

Bau mulut bisa menjadi masalah bagi beberapa individu dan itu memalukan. Bau mulut juga bisa membuat seseorang canggung, terlebih saat mengobrol dengan orang lain. Apa saja sih penyebab bau mulut dan bagaimana cara mengatasinya? Silakan baca artikel berikut ini dengan perlahan ya.

Mengetahui penyebab bau mulut itu penting, karena masalah bau mulut bisa menjadi masalah gigi atau medis yang lebih serius. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau mulut. Selain mengatasi, cara-cara ini juga mengobati dan membuat mulut kamu bersih dan sehat.

Apa Penyebab Bau Mulut?

Bau mulut, juga dikenal sebagai halitosis, adalah bau tidak sedap yang biasanya tercium ketika seseorang menghembuskan napas. Ada banyak penyebab, tetapi kebanyakan bau mulut terjadi karena cara merawat kesehatan gigi dan mulut yang buruk. American Dental Association (ADA) mencatat ada 5 penyebab bau mulut yang paling umum:

INILAH PENYEBAB DAN CARA MENGHILANGKAN BAU MULUT

1. Makanan tertentu: Sisa makanan yang tersisa di mulut setelah makan dapat menyebabkan bau tak sedap karena bakteri. Ia akan berkembang jika ada sisa makanan yang tertinggal atau tersangkut di gigi. Makanan pedas seperti bawang putih, bawang merah, dan beberapa rempah-rempah, memengaruhi napas kamu saat dicerna oleh perut sampai menyebar ke seluruh tubuh.

2. Tembakau: Merokok sigaret dan cerutu memiliki bau yang berbeda. Bau mulut ini tidak enak buat napas, juga meningkatkan risiko kanker mulut dan kanker lainnya.

3. Kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Ketika kamu lupa menyikat gigi dan membersihkan lidah, kamu membiarkan sisa makanan tetap berada di mulut. Perkembangan bakteri dari sisa-sisa makanan ini dapat menyebabkan bau. Selain itu, pertumbuhan bakteri meningkatkan risiko penyakit gusi. Jika Kamu menggunakan peralatan gigi, seperti retainer atau gigi palsu, bersihkan secara teratur. Jangan lupa ganti sikat gigi Kamu setiap 3 bulan atau sesuai anjuran dokter gigi.

4. Mulut kering: Air liur membantu membersihkan mulut kamu juga membersihkan sisa makanan. Jika produksi air liur tidak mencukupi, sisa makanan yang bisa menyebabkan bau tak sedap tertinggal di mulut. Efek samping dari beberapa obat, termasuk mulut kering, secara tidak langsung juga bisa menyebabkan bau mulut.

5. Kondisi medis: Infeksi pernapasan dan peradangan pada sinus, paru-paru atau tenggorokan dapat menyebabkan bau mulut, terutama ketika ada lendir yang terkuras dalam mulut dan hidung. Kondisi medis lain yang dapat menyebabkan bau mulut termasuk diabetes, beberapa penyakit hati, dan penyakit ginjal.

Cara Mengobati Bau Mulut

Mungkin obat paling penting yang bisa kamu lakukan di rumah adalah menyikat gigi, membersihkan lidah, dan membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss secara teratur. Menyikat gigi dua kali sehari, membersihkan lidah dan membersihkan sela-sela gigi setidaknya sekali sehari dapat menghilangkan sisa makanan dari mulut kamu. Membersihkan lidah setelah menyikat gigi mengurangi bakteri yang berada di belakang lidah kamu.

Baca Juga: Ternyata Membersihkan Karang Gigi Bisa Menghilangkan Bau Mulut

Dokter gigi kamu bisa membuatkan resep atau merekomendasikan pasta gigi khusus dan obat kumur untuk mencegah timbulnya bau tak sedap. Pilihan pasta gigi untuk perawatan mulut total dan mencegah bau mulut. American Dental Association (ADA) memperingatkan bahwa obat kumur yang dijual bebas hanya solusi sementara karena tidak mengobati penyebab bau mulut.

Mengunjungi dokter gigi dan klinik gigi secara rutin untuk pembersihan dan pemeriksaan sangat penting untuk kesehatan mulut yang baik.

Bicaralah dengan dokter gigi kalau kamu punya masalah dengan bau mulut. Tulisan di atas mungkin membantu kamu merasa lebih percaya diri saat mengobrol, sekalipun bau mulut bukan masalah buat kamu. Klik di sini untuk membuat jadwal konsultasi atau perawatan membersihkan karang gigi (scaling).

Chat Whatsapp
Whatsapp Sekarang!
Terima kasih sudah menghubungi Dental Universe Indonesia. Ada yang bisa kami bantu?