5 Cara Membuat Anak Senang Menyikat Gigi – Dental Universe Indonesia

5 Cara Membuat Anak Senang Menyikat Gigi

cara membuat anak senang menyikat gigi - dental universe indonesia

5 Cara Membuat Anak Senang Menyikat Gigi

Ada beberapa cara yang efektif agar anak senang menyikat gigi dan merawatnya. Seperti membuat permainan siapa yang tersenyum dengan penuh percaya diri, ia akan mendapatkan hadiah. Ada beberapa permainan lain yang membuat anak senang menyikat gigi dua kali sehari. Dokter gigi pun nanti akan heran ketika tahu, bahwa anak-anak mampu merawat gigi mereka sendiri.

Bagi banyak orang tua, mengajar anak-anak tentang kesehatan gigi yang baik adalah pertempuran dua kali sehari. Tapi seperti yang ditunjukkan para ahli, ini adalah pertarungan yang layak untuk dilakukan. Meskipun sebagian besar dapat dicegah, kerusakan gigi tetap merupakan penyakit kronis yang paling umum di antara anak-anak berusia 6-19 tahun. Kebersihan mulut yang buruk telah dikaitkan dengan semuanya, mulai dari keterlambatan bicara hingga sakit gigi dan infeksi hingga diabetes.

Berikut adalah lima cara membuat anak senang menyikat gigi dan menggosok gigi secara teratur:

Menjaga kebersihan mulut sejak dini

Dokter gigi menyarankan untuk memulai perawatan gigi bahkan sebelum gigi pertama anak tumbuh. Selama masa bayi, bersihkan gusi mereka setiap malam dengan kain lembut dan lembab. Beralihlah ke sikat gigi ketika gigi mereka tumbuh (biasanya sekitar 6 bulan), dan benang gigi setelah gigi mulai bersentuhan (biasanya sekitar usia 2 atau 3). Jadwalkan kunjungan ke dokter gigi tepat ketika usia 1 tahun, terlepas dari berapa banyak gigi yang mereka miliki.

Berikan contoh yang baik

Dalam hal mengajarkan kebersihan gigi yang baik, praktikkan apa yang orang tua ajarkan. Seorang anak meniru apa pun yang dilakukan orang tua. Jadi, jika anak secara teratur melihat orang tua menyikat gigi dan flossing, anak akan mengikutinya. Jadilah cermin saat orang tua dan anak menyikat gigi bersama. Ajak mereka untuk mengikuti setiap gerakan menyikat gigi.

Ubah menyikat gigi menjadi permainan

Mau seseorang berusia 6 atau 66 tahun, dokter gigi menyarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari, selama dua menit setiap kali. Pnelitian menunjukkan bahwa semakin lama seseorang menyikat gigi, semakin banyak plak yang terangkat. Cobalah salah satu dari permainan kreatif agar anak menyikat gigi selama dua menit.

Atur timer. Balikkan timer yang diisi pasir berwarna-warni, lalu tantang anak untuk terus menyikat gigi sampai semua pasir mencapai dasar. Atau belikan anak sikat gigi yang berkedip atau memutar musik selama dua menit.

Tawarkan insentif. Pertimbangkan untuk menawarkan hadiah sederhana atau membuat grafik hadiah untuk mendorong anak menyikat gigi mereka selama dua menit. Jangan lupa untuk memuji mereka sesudahnya untuk teknik mereka yang luar biasa atau gigi yang sangat berkilau.

Bercerita

Para ahli mengatakan bahwa menggunakan sesuatu yang berhubungan, seperti sebuah cerita, adalah cara yang bagus untuk membuat para pemikir ingin berpartisipasi. Bacakan buku atau ceritakan pada anak tentang bagaimana merawat gigi, atau biarkan anak berlatih menyikat gigi bersama mainan boneka atau mainan mereka.

Pilih alat yang tepat

Menyikat dan membersihkan gigi bisa menjadi sulit buat anak karena tangan kecil. Pilihlah alat yang sesuai usia, seperti sikat gigi balita, flosser tanpa ujung yang tajam, dan sikat gigi yang kuat, yang menurut para ahli meniru lingkaran kecil dan akurat buat menyikat gigi. Anak-anak kecil tidak memiliki ketangkasan manual. Sikat gigi yang kuat memberi anak-anak dorongan untuk melepaskan plak itu. Jika anak ragu untuk mencobanya, biarkan mereka merasakan gerakan bulu sikat berputar di telapak tangan mereka sebelum mulai menyikat gigi. Biarkan anak memilih sikat gigi favorit dan rasa pasta gigi favorit mereka.

Itulah beberapa cara membuat anak senang menyikat gigi. Menciptakan rutinitas yang menyenangkan dan menarik di rumah akan membantu anak mengembangkan kebiasaan merawat gigi mereka seumur hidup. Menyikat gigi dan flossing harus menyenangkan dan sederhana serta bebas rasa sakit. Jika orang tua memperkenalkan flossing dan menyikat gigi pada usia muda, anak-anak akan mulai merasa resah jika mereka tidak melakukannya.

Apakah kamu berencana melakukan perawatan gigi, seperti pasang behel atau pembersihan karang gigi (scaling)? Hubungi kami sekarang juga (klik di sini).


Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia

Dental Universe Indonesia hadir membawa konsep baru dalam dunia klinik gigi. Kami fokus pada pelayanan kualitas prima dengan harga yang terjangkau. Dengan konsep yang ceria, segar dan berwarna sehingga dapat menghilangkan kesan menakutkan akan perawatan di klinik gigi yang akan membuat anda nyaman dan lebih percaya diri.

Comments are closed.

Lokasi Klinik

Tebet, Kelapa Gading, Tanjung Duren, Serpong.

021 86611066

Reservasi perawatan via telepon.

Jam Buka Klinik

Senin - Minggu : 8:00 - 22:00 (kecuali hari libur nasional)

Buat Jadwal Temu

Reservasi perawatan via chat Whatsapp.