Yuk Ketahui Cara Merawat Gigi Palsu Agar Tak Jadi Sarang Bakteri

Pengguna gigi palsu atau gigi tiruan di Indonesia saat ini mencapai sekitar 20 juta orang. Biasanya orang memutuskan untuk memakai gigi palsu karena gigi palsu mengalami kerusakan. Namun, beberapa dari pengguna gigi palsu belum tahu atau justru tidak memedulikan pentingnya menjaga kebersihan gigi palsu.

Perlu diketahui jika gigi palsu itu terbuat dari bahan berpori-pori sehingga jika tidak dibersihkan akan menyebablan bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak. Selain mengakibatkan bau mulut, biasanya tumbuhnya bakteri di gigi juga dapat menyebabkan timbulnya karang gigi serta mengakibatkan radang pada tenggorokan.

Ada baiknya jika hendak menggunakan gigi palsu, periksalah keadaan gusi. Jangan memaksakan untuk memakai gigi palsu bila gusi sedang bengkak, merah, sariawan dan sebagainya. Hal itu justru akan memperarah keadaan gigi jika kamu memaksakan memakai gigi palsu. Oleh karena itu konsultasikan dulu ke dokter sebelum memutuskan memasang gigi palsu.

Pertama, pakailah pembersih yang memang khusus diperuntukkan bagi pengguna gigi palsu. Selain itu, jangan mencoba membersihkan gigi palsu dengan pasta gigi yang dikhawatirkan zat yang ada dalam pasta gigi tidak cocok. Jika ingin membersihkan gigi palsu, ada baiknya menggunakan sikat gigi yang lembut agar tidak menimbulkan bekas goresan yang kasar.

Kedua, rajin membersihkan sisa makanan. Sisa makanan yang dibiarkan pasti akan membusuk di sela-sela gigi palsu sehingga bisa membahayakan kesehatan mulut. Diusahakan juga untuk membersihkan gigi palsu sebelum digunakan dan masuk ke mulut. Jangan lupa beri lapisan khusus pada gigi palsu agar tidak mudah terkena bakteri atau kuman kalau sewaktu-waktu jatuh atau mudah kotor.

Ketiga, usahakan untuk melepaskan gigi palsu selama 6 jam tiap hari. Hal itu bisa membuat gigi palsu jauh lebih awet. Bila gigi palsu dalam keadaan tidak dipakai, sebaiknya rendamlah gigi palsu tersebut di dalam air. Gigi palsu diharuskan untuk tetap lembab agar mudah untuk dipasang dan dilepas kembali.

 

Nah jangan lupa untuk selalu memeriksakan gigi kamu minimal 6 bulan sekali Kamu bisa langsung datang aja ke Dental Universe Indonesia karena kamu akan dapatkan konsultasi secara GRATISS !! Sssttt banyak promo menarik juga yang menanti kamu. Reservasikan diri kamu sekarang juga di 0813-8000-0392 (Kelapa Gading) atau 0813-8000-0372 (Tebet).

http://wartamedika.com/cara-merawat-gigi-palsu/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150703135103-255-64128/cara-membersihkan-gigi-palsu-agar-tak-jadi-sarang-bakteri/