Yuk Kenali Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Alat Scale

Sisa makanan jika dibiarkan menumpuk tidak hanya menimbulkan karang gigi tetapi bisa menimbulkan permasalahan gigi yang akan menyiksa di kemudian hari. Karang gigi sendiri adalah plak gigi yang menumpuk dalam waktu lama dan mengeras. Perlu diketahui, karang gigi masih bisa dihindari jika kita rajin menyikat gigi sehari dua kali.

Jika kita mengabaikan untuk menyikat gigi, biasanya karang gigi akan menumpuk lalu mengeras. Untuk menghindari karang gigi yang semakin parah, biasanya proses pembersihan karang gigi dengan cara scale perlu dilakukan. Scale sendiri adalah cara membersihkan karang gigi yang ada pada bagian putih gigi, pada perbatasan dengan bagian gusi, hingga bagian akar.

Ada baiknya sebelum proses ini dilakukan, konsultasi dulu dengan dokter gigi. Hal ini untuk mengetahui kondisi gigi dimana akan mempengaruhi proses scale sekaligus pemberian antibiotok untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi. Biasanya orang yang pernah menjalani operasi katup jantung, pinggul buatan atau operasi pemasangan bagian tubuh buatan lainnya disarankan untuk tidak melakukan scale karena dikhawatirkan akan mengalami infeksi yang cukup parah.

Saat proses pembersihan mulai dilakukan, dokter akan memberikan anestesi lokal untuk menghilangkan sakit selama proses pembersihan karang gigi. Penggunaan alat tertentu akan mempengaruhi tingkat kebersihan gigi, gusi dan sela-selanya. Sebagian dokter ada yang menggunakan alat pengikis standar dan sebagian lainnya menggunakan alat ultrasonik untuk menghilangkan karang gigi. Misalnya saja, dengan alat ultrasonik yang akan memproduksi gelembung udara yang bisa melenyapkan bakteri anaerob, namun metode ini tidak bisa menjangakau bagian gigi yang ada di dalam gusi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, ada baiknya bicarakan dengan dokter akan metode yang akan digunakan.

Setelah proses pembersihan selesai, biasanya dokter akan memberikan antibiotik untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi resiko munculnya infeksi. Selain itu untuk meningkatkan kebersihan gigi, diperlukan juga proses yang namanya polish (poles). Polish ini dilakukan dengan tujuan menghapus noda atau tanda yang dihasilkan karang gigi. Proses scale dan polish ini mungkin perlu dilakukan lebih dari satu kali jika plak dan karang gigi sudah menumpuk. Scale sendiri dapat dilakukan sebagai cara untuk mencegah terjadinya infeksi gigi dan gusi. Biasanya dengan rutin melakukan scale, plak gigi tidak akan menjadi karang yang dapat memicu infeksi gigi (gingvitis) atau yang lebih parah lagi seperti radang tulang.

Nah sudah tahu kan? Jangan lupa periksakan gigi kamu minimal 6 bulan sekali untuk mengetahui kondisi gigi kamu. Di Dental Universe Indonesia akan memberi banyak promo menarik dan juga pastinya akan dapatkan konsultasi secara GRATISSSS !!!!

http://www.alodokter.com/kenali-cara-menghilangkan-karang-gigi-dengan-scale http://www.kesehatanmulut.com/cara-menghilangkan-karang-gigi-secara-cepat-dengan-alat-scaling-gigi/