Yuk, Kenali Anak Cara Sikat Gigi Sejak Dini

Menyikat gigi adalah salah satu kebiasaan baik yang harus diajarkan sedini mungkin sebagai gaya hidup sehat sejak masa kanak-kanak. Sikat gigi tentu saja bertujuan untuk membersihkan gigi, termasuk mencegah penumpukkan karang gigi.

Sudah umum ya DUIon… menyikat gigi dilakukan dua kali sehari dan lakukan setiap hari. Biasakan menggosok gigi setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam untuk mencegah plak atau karang gigi. Cara mengajari anak untuk menyikat gigi, Harus sabar dan tidak terburu-buru. Ajari anak dengan tidak menggosok gigi dengan keras. Jika anak tidak suka pasta gigi yang biasa di pakai keluarga, kenalkan anak dengan pasta gigi yang memiliki rasa buah dan biasanya setelah sarapan dan sebelum tidur anak diingatkan untuk menggosok gigi.

Selanjutnya adalah cara sikat gigi yang tepat. Untuk bagian gigi yang menempel dengan pipi caranya miringkan sikat gigi secara horizontal kira-kira 45 derajat menghadap gusi lalu sikat gigi dengan lembut tanpa tekanan sekitar 3 gigi sampai 4 gigi jangan langsung dari gigi depan sampai gigi belakang dengan 1 sikatan. Karena ada bagian rahang gigi yang melengkung, sehingga apabila kita lakukan dengan 1 sikatan langsung akan mengikis gigi yang tepat berada di lengkung rahang tersebut.
Pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut. Harap pastikan bahwa kamu menggunakan ukuran yang tepat, kamu dapat memilih sesuai dengan ukuran mulut dan gigi. Karena menyikat gigi secara rutin bisa menekan warna kuning pada tampilan gigi, jika sudah seperti itu bisa lakukan perawatan memutihkan gigi atau bleaching.
Kamu juga disarankan untuk lakukan pengecekan kesehatan gigi di klinik gigi minimal 6 bulan sekali ya. Kamu bisa lakukan perawatan pembersihan karang gigi lho. Dan di Dental Universe Indonesia kami akan memberikan konsultasi secara GRATIS.