Tujuan dari Pemasangan Implan Gigi yang Jarang Diketahui Orang

Implan gigi perlahan menjadi populer dalam jangka waktu akhir-akhir ini. Beberapa orang memilih memasang implan untuk memperbaiki penampilan dan mengembalikan fungsi gigi. Tak hanya itu, implan gigi dinilai efektif untuk memperbaiki struktur gigi yang rusak.

Perlu diketahui implan gigi mulai dikembangkan sejak tahun 1960. Secara perlahan, teknologi implan gigi mampu berfungsi untuk menggantikan gigi asli. Implan (akar tiruan) harus benar-benar berfungsi untuk menyangga mahkota tiruan sehingga pergerakan rahang dan gigi ketika digunakan untuk mengunyah menjadi terasa nyaman.

Pada dasarnya tujuan dari implan gigi adalah untuk memperbaiki atau merestorasi penggantian gigi yang hilang/tanggal/ompong dengan gigi yang dibuat mirip dengan gigi asli. Hal ini untuk mendukung 3 fungsi utama gigi pada umumnya, yaitu:

1. Pengunyahan (mastikasi)Pada fungsi pengunyahan, tujuan pemasangan implan gigi adalah agar proses pengunyahan yang dilakukan dapat semirip mungkin dengan gigi asli sehingga proses konsumsi tidak terganggu. Pada awalnya memang terasa berbeda namun akhirnya berganti dengan  rasa nyaman muncul karena pada penggunaan gigi implan, tekanan-tekanan yang terjadi ketika mengunyah makanan tertahan oleh bahan logam yang tertanam dimana logam tersebut langsung menyatu dengan tulang rahang. Hal ini menimbulkan sensasi makan yang natural.

2. Keindahan (estetika)Gigi implan memiliki kemiripan dengan gigi asli karena memiliki akar dan mahkota. Dengan proses pengerjaan implan yang baik dan rapi, maka hasil yang didapatkan akan memiliki nilai estetika gigi yang sebanding dengan gigi asli yang tanggal. Bila dilihat sekilas, orang tidak akan pernah bisa membedakan mana gigi implan dan gigi asli karena keduanya terlihat sama. Disinilah fungsi estetika dari gigi dan mulut ini akan memiliki nilai penting dalam pergaulan sosial seseorang.

3. PengucapanBeberapa pengucapan vokal memerlukan gigi sebagai alat bantu. Pengucapan beberapa huruf akan menjadi terganggu ketika kehilangan gigi, khususnya pada gigi bagian depan. Misalnya seperti pengucapan pada huruf c, f, l, t dan v. Implan gigi yang sama persis dengan gigi asli akan  membantu pasien gigi agar dapat berbicara dengan pengucapan yang sempurna dan sama jelasnya seperti saat masih memiliki gigi asli. Hal ini dilakukan agar proses komunikasi verbal tidak akan terganggu.

Nah sudah tahu kan, DUIon? Kalau kamu ada rencana pemasangan implan atau ingin perawatan gigi lainnya, kamu bisa langsung aja datang ke Dental Universe Indonesia dan dapatkan konsultasi secara GRATISSS !!! Ssstt banyak promo menarik juga lhoo !! Reservasikan diri kamu sekarang juga di 0813-8000-0392 (Kelapa Gading) atau 0813-8000-0372 (Tebet)

https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/implan-gigi