Selain Karang Gigi, Ada Bahaya Lain Mengintai Jika Malas Menggosok Gigi

Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Biasanya dengan gigi yang sehat akan membuat nyaman dalam beraktivitas. Cara sederhana dalam menjaga kesehatan gigi, salah satu caranya adalah menggosok gigi secara teratur.

Apabila kita menyepelakan tentang sikat gigi, maka kuman dan bakteri di sekitar gigi dan mulut akan lebih mudah tumbuh. Gigi yang awalnya sehat secara perlahan akan mengakibatkan membuat karang gigi menumpuk. Selain itu, bau mulut akan menyerang gigi secara perlahan jika malas menggosok gigi. Ternyata selain karang gigi,  ini dia beberapa hal yang akan terjadi jika malas menggosok gigi:

1. Mulut Menjadi Asam ataupun Bau

Biasanya setelah makan, ada sebagian makanan yang menempel pada permukaan ini. Jika dibiarkan maka akan timbul banyak kotoran tipis yang menempel. Lebih parah lagi jika zat makanan sisa susah dibersihkan maka akan menumpuk di sekiar lubang dan gusi yang terbuka. Hal itu kemudian menyebabkan banyak virus dan bakteri akan mencerna makanan sehingga menimbulkan zat asam. Jika zat asam menumpuk terlalu banyak akan menyebabkan bau mulut yang tidak enak untuk dihirup. Solusi yang biasa disarankan adalah dengan menggosok gigi secara teratur dengan pasta gigi yang benar. Sikat gigi akan membersihkan sisa makanan dan menekan bakteri yang ada di dalam mulut agar tidak aktif mencerna makanan.

2. Gigi Berlubang

Jika karang gigi dibiarkan menumpuk akan menyebabkan pengikisan pada lapisan email gigi dan gusi. Email gigi yang tergerus secara terus menerus dapat menyebabkan gigi terkikis sedikit demi sedikit. Semula lubang yang terbentuk kecil akan makin membersar dikarenakan adanya makanan yang masuk bersama dengan bakteri dan virus ke dalam lubang gigi. Gigi yang terlanjur berlubang akan  secara perlahan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa dikarenakan zat asam yang terbentuk akan mengenai pembuluh darah dan syaraf.

3. Menjalar Penyakit ke Seluruh Tubuh

Gigi yang berlubang akan memudahkan masuknya kuman penyakit yang berasal dari mulut ke pembuluh darah. Jika kuman penyakit yang masuk merupakan penyakit yang berbahaya, tentunya sistem kekebalan tubuh tidak akan mudah untuk menangkalnya.

Dari berbagai hal tersebut, dapat mengingatkan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut. Ada baiknya jangan malas untuk menggosok gigi karena hal itu dapat menghambat beragam penyakit yang berbahaya bagi gigi.

Nah sudah tahu kan, DUIon? Kalau kamu ada rencana ingin melakukanperawatan gigi, kamu bisa langsung aja datang ke Dental Universe Indonesia dan dapatkan konsultasi secara GRATISSS !!! Ssstt banyak promo menarik juga lhoo !! Reservasikan diri kamu sekarang juga di 0813-8000-0392 (Kelapa Gading) atau 0813-8000-0372 (Tebet)

Akibat Malas Sikat Gigi

http://republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/13/07/06/mphl3l-ini-akibat-malas-sikat-gigi