Sehabis Makan Jangan Langsung Gosok Gigi

Sehabis makan langsung menggosok gigi sudah menjadi kebiasaan setiap orang karena hal tersebut sangat baik untuk memelihara kesehatan gigi. Karena salah satu manfaatnya bisa mencegah penumpukan plak atau karang gigi.


Sayangnya, upaya pemeliharaan gigi ini kadang dibingungkan oleh berbagai informasi dari media massa, guru, orangtua, bahkan dokter gigi. Sering dikatakan, untuk menjaga kesehatan gigi khususnya agar gigi tidak berlubang, kita harus selalu menyikat gigi setelah makan, minimal dua kali sehari yaitu setelah sarapan pagi dan setelah makan malam atau sebelum tidur. Mana yang benar?


Setelah makan, sisa makanan, khususnya makanan karbohidrat, akan mengalami fermentasi terhadap gula (glukosa) makanan. Hasilnya berupa senyawa bersifat asam dan membuat lingkungan sekitar gigi bersuasana asam. Dalam beberapa menit derajat keasaman tadi akan meningkat atau pH-nya turun. Bila berlanjut, penurunan nilai pH akan sampai ke nilai pH kritis, yaitu nilai pH yang dapat memicu dekalsifikasi (hilangnya garam kalsium) pada email gigi.


Bila zat gula pada plak habis difermentasi, sejumlah bakteri lain, di antaranya Veillonella alcalescens, akan merusak kembali senyawa asam hasil fermentasi tersebut. Dengan demikian setelah beberapa waktu, pH plak akan berangsur naik kembali mencapai pH normal. Demikianlah yang selalu terjadi setelah kita makan, terutama makan makanan yang mengandung gula.

Tujuan menyikat gigi adalah membersihkan mulut dari sisa makanan agar fermentasi sisa makanan tidak berlangsung terlalu lama, sehingga kerusakan gigi dapat dihindari. Bila kita menyikat gigi dengan benar, permukaan gigi juga bersih dari plak. Tetapi sekali lagi, plak akan senantiasa terbentuk dari waktu ke waktu. Memang, tak ada salahnya menyikat gigi ketika mandi pagi atau sore hari. Namun, manfaatnya lebih untuk memelihara kesegaran mulut. Manfaatnya dalam pemeliharaan gigi tidaklah besar.


Masalahnya sekarang, yakinkah kita bahwa plak pada gigi telah terbuang setelah penyikatan gigi? Nah, agar plak gigi hilang perlu cara menyikat gigi yang benar ya!
So… selamat menyikat gigi dengan benar pada waktu yang tepat.

Kamu juga disarankan untuk lakukan pengecekan kesehatan gigi di klinik gigi minimal 6 bulan sekali ya. Kamu bisa lakukan perawatan pembersihan karang gigi lho. Dan di Dental Universe Indonesia kami akan memberikan konsultasi secara GRATIS.

Source : http://www.pdgi-online.com/