Oral Hygiene, Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Gigi

Oral Hygiene dalam kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting, beberapa masalah mulut dan gigi terjadi karena kita kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi, seperti menumpuknya karang gigi.
Kesadaran menjaga Oral Hygiene sangat perlu dan merupakan obat pencegah terjadinya masalah gigi seperti penumpukan plak atau karang gigi. Jadi, inilah cara-cara yang bisa kamu lakukan sendiri efektif dalam menjaga oral hygiene:

1. Sikat gigi

Semua orang sudah tahu tentunya cara yang satu ini, mungkin juga sudah dilakukan setiap hari. Jadi  yang penting disini adalah pengenalan teknik sikat gigi yang tepat untuk menghilangkan penumpukan sisa makan yang bisa menjadi karang gigi. Memotivasi untuk sikat gigi secara teratur dan pemilihan pasta gigi dengan tepat.

 

2. Kumur-kumur antiseptik( Oral Rinse)

Terdapat berbagai bahan aktif yang sering digunakan sebagai kumur-kumur. Kumur-kumur yang lebih murah dan cukup efektif adalah dengan air garam hangat. Kegiatan ini juga bisa mencegah penumpukan karang gigi setelah kamu makan.

3. Dental floss atau benang gigi

Akhir-akhir ini cara ini mulai banyak diperkenalkan , dan cukup ampuh untuk membersihkan di sela-sela gigi. Tapi teknik harus dimengerti dengan tepat karena kalau tidak, alih-alih mencegah penyakit periodontal, yang terjadi malah melukai gusi dan membuat radang.

 

4. Pembersih lidah

Juga mulai banyak digunakan, baik untuk membersihkan dorsum lingual yang seringkali luput kita bersihkan saat sikat gigi. Tumpukan debris di dorsum lidah penuh dengan kuman-kuman oportunis serta candida yang bermukim sebagai flora normal maupun transient.

Mungkin setelah melakukan upaya-upaya menjaga kesehatan gigi dan mulut yang baik dan benar kita beranggapan kontrol ke dokter gigi tidaklah penting, namun kontrol ke dokter gigi secara teratur diperlukan sebagai salah satu upaya preventif, berikan kepada ahlinya karena terkadang kita sendiri seringkali luput mengamati perubahan pada gigi dan gusi yang masih kecil.

Buat kamu yang memang enggak punya masalah dengan mulut maupun gigi , tetap ya lakukan kontrol 6 bulan sekali, tapi kalau mempunyai masalah seperti penyakit jaringan mulut dan gigi sebaiknya dilakukan kontrol 3 bulan sekali.  Dan di Dental Universe Indonesia kami akan memberikan konsultasi secara GRATIS.