Kesehatan Gigi Dan Cara Menjagahnya

Selain gosok gigi dan menggunakan benang gigi, pola makanan yang sehat akan melindungi gigi dari pembusukan dan penumpukan karang gigi
Pembusukan gigi (lubang dan karang gigi) dan berbagai penyakit gusi disebabkan oleh koloni bakteri yang terus menerus melapisi permukaan gigi dengan lapisan lengket yang disebut plak. Jika plak ini tidak di hilangkan (gosok gigi), maka bakteri yang menempel akan mengubah gula dan zat tepung dalam makanan menjadi asam yang akan merusak enamel gigi. Plak ini jg dapat mengeras menjadi tartar, yang akan membuat radang gusi, atau gingvitis.

Makanan yang sehat akan memnberikan mineral, vitamin dan nutrisi lain yang mendukung kesehatan gusi dan gigi. Fluorida, yang sangat umum ditemukan di makanan dan air, atau ditambahkan di suplai air, akan dapat menjadi alat yang kuat untuk melawan kerusakan gigi. Makanan ini bahkan dapat mengurangi lubang gigi sampai 60 persen.

Tuntunan Kesehatan Gigi, kesehatan gigi dimulai dengan makan makanan yang pas selama kehamilan. Pastikan bahwa kesehatan gigi dimulai ketika masih anak2 dan bahkan mulai dalam kandungan, dengan makan makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D, yang diperlukan tubuh untuk menyerap kalsium, sehingga tulang dan gigi kuat.

Kamu butuh banyak sekali kalsium untuk gigi dan gusi yang kuat. Makanan olahan susu rendah lemak, olahan kedelai, salmon atau sardin tulang lunak, almond, dan sayuran hijau gelap, adalah sumber kalsium yang bagus.

Kamu juga butuh vitamin D karena vitamin D dibutuhkan untuk menyerap kalsium. Vitamin D didapatkan dari susu cair, olahan kedelai, margarin, ikan seperti salmon, dan juga sinar matahari.

Healthy woman teeth and a dentist mouth mirror

Kunci dari semuanya adalah Fluorida. Gigi berlubang dapat dicegah dengan memnberikan florida pada masa awal perkembangan kehidupan anak. Fluorida dapat disuplai melalui air yang diperkaya fluorida, ikan2an, pasta gigi, atau cairan pencuci mulut (mouthwash). Tapi ingat, konsumsi fluorida berlebihan jg membuat gigi tampak bebercak bercak.

Selain Fluorida, dibutuhkan juga fosfor, magnesium, vitamin A, dan beta karoten. Selain kalsiumn dan Fluorida, mineral yang dibutuhkan untuk pembentukan enamel gigi antara lain adalah fosfor (ditemukan dalam daging, ikan, dan telur), magnesium (dalam sereal, bayam dan pisang). Vitamin A juga dibutuhkan membangun tulang dan gigi yang kuat. sumber beta karoten (bahan vitamin A), ditemukan banyak dalam buah dan sayuran bewarna oranye dan dalam sayuran bewarna hijau tua.

YUKS, Konsultasikan kondisi gigi kamu di Dental Universe Indonesia. Karena untuk konsultasinya GRATIS untuk kalian. Untuk membersihkan karang gigi tentunya kamu harus lakukan perawatan scaling ya.

 

Source : http://www.pdgi-online.com/