Kapan Waktu yang Tepat untuk Anak Diperbolehkan Memakai Kawat Gigi?

Beberapa anak kecil biasanya mengalami permasalahan gigi yang mengharuskan untuk memakai behel. Biasanya orang tua akan bertanya-tanya akan kapan waktu yang tepat untuk anak memasang behel. Hal ini dimaksudkan untuk sedini mungkin memperbaiki susunan gigi anak dengan memakai behel. Namun pemakaian behel untuk anak memang harus pada waktu yang tepat.

Ada baiknya sebagai orang tua harus memperhatikan kondisi gigi anak, dimana apakah sudah rapi atau memang ada gigi yang bermasalah. Misalnya jika gigi anak ada yang permukaannya tidak rata maka bisa mencoba memakaikan behel pada anak. Pada awalnya memang harus membiasakan anak untuk datang ke dokter gigi. Sebenarnya di umur 9 tahun anak sudah bisa memasang behel namun sebelumnya harus dibiasakan untuk melakukan pengecekan di dokter gigi.

Menurut Asosiasi Orthodontis International, waktu yang paling tepat untuk anak memasang behel adalah pada waktu usia anak mencapai 7 tahun. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi maloklusi gigi sedini mungkin. Pada umur 7 tahun sebaiknya anak sudah mulai dibiasakan untuk konsultasi dengan dokter gigi. Bisa berkaitan dengan pengecekan gigi atau struktur kondisi rahang gigi sehingga ketika struktur gigi berantakan atau bentuk rahang kurang baik bisa dilakukan langkah perawatan. Biasanya ketika usia anak masih muda akan menguntungkan karena bisa diperbaiki dengan cepat dan mudah.

Jika ada rencana untuk memasang behel pada anak ada baiknya orang tua membawa anak yang berusia 7tahun ke dokter gigi spesialis orthodonti terdekat. Lakukan pemerikasaan awal dan konsultasikan permasalah gigi anak terhadap dokter. Setelah diperiksa biasanya akan dapat mementukan kapan perawatan behel bisa segera dimulai.

Sedangkan jika kondisi gigi dan rahang anak cukup baik maka tetap harus membiasakan anak untuk merawat giginya dengan baik. Perlu dilakukan segera langkah untuk mencabut gigi susu anak jika gigi baru tumbuh. Sebab jika dibiarkan terlalu lama maka gigi susu akan menghambat gigi baru yang tumbuh atau ketika gigi susu suddah tanggal maka gigi baru akan menjadi tidak rata karena terlalu lama membiarkan gigi susu sehingga menghambat pertumbuhan gigi yang baru atau gigi permanen.

Nah sudah tahu kan, DUIon? Kalau kamu ada rencana memasang behel atau ingin perawatan gigi lainnya, kamu bisa langsung aja datang ke Dental Universe Indonesia dan dapatkan konsultasi secara GRATISSS !!! Ssstt banyak promo menarik juga lhoo !! Reservasikan diri kamu sekarang juga di 0813-8000-0392 (Kelapa Gading) atau 0813-8000-0372 (Tebet)

http://sehatnya.com/kapan-anak-perlu-dan-dibolehkan-pakai-kawat-gigi/

http://lifestyle.kompas.com/read/2013/07/08/0919136/Kapan.Waktu.Tepat.Anak.Pasang.Behel.