Inilah Varian Makanan Sehat Penguat Gigi Anak

Inilah Varian Makanan Sehat Penguat Gigi Anak

Dokter gigi selalu menganjurkan orang tua untuk menjaga anaknya dalam mengontrol konsumsi makanan yang manis-manis.

Anak-anak cenderung sangat menyukai makanan manis, dan hal ini bisa berbahaya bagi gigi anak. Untungnya, ada banyak makanan lain yang bisa dijadikan pilihan sehat, karena bisa menguatkan gigi mereka dan dianjurkan pula oleh para dokter gigi.

1. Jeruk, kiwi, stroberi dan paprika
Ada beberapa tipe bakteri di dalam mulut anak. “Beberapa dari bakteri itu bisa menyebabkan gingivitis, yang adalah tahap pertama penyakit gusi,” kata Melvin Pierson, DDS, juru bicara dari Academy of General Dentistry.
Vitamin C di dalam buah-buahan seperti jeruk, jeruk nipis, pepaya, dan stroberi membantu membunuh bakteri ini sekaligus meningkatkan pasokan kolagen dalam gusi.

Sayuran yang juga sehat untuk gusi dan gigi anak adalah, paprika merah, kuning, atau oranye; tomat; dan ubi jalar.
Namun dokter gigi mengatakan, anak setidaknya harus menunggu 30 menit sebelum menyikat gigi setelah makan makanan atau minuman yang mengandung citrus. Ini karena citric acid di dalam buah bisa secara sementara melemahkan enamel gigi dan membuatnya lebih rentah erosi akibat menyikat gigi.

2. Susu, yoghurt dan keju
Ketika anak minum susu atau yoghurt dan memakan keju–yang kaya akan kalsium, vitamin D, dan fosfor–hal ini meningkatkan kadar pH di mulut, dan menurunkan kadar asam, dan mengurangi risiko gigi berlubang, ujar Ray J Jurado, DDS, direktur kesehatan gigi anak di Children’s Memorial Hospital di Chicago, AS.

Kalsium juga bermanfaat untuk beberapa hal lain; mereka berbaur dengan plak dan menempel di gigi, terus melindungi gigi dari asam yang tertinggal. Kalsium juga memperbaiki enamel yang sudah rusak dan menguatkan tulang yang ada dalam gigi, membuatnya jadi lebih tahan terhadap penyakit periodontal nantinya.

Untuk kesehatan gigi kamu dan si buah hati, tetap percayakan pada dokter gigi ya, DUIon. Nah, di Dental Universe Indonesia kamu akan mendapatkan konsultasi secara GRATIS!! Buruan reservasikan diri kamu segera!

http://health.liputan6.com/read/3025935/varian-makanan-sehat-penguat-gigi-anak?source=search