Inilah Perbedaan Implan Dan Gigi Palsu

Inilah Perbedaan Implan Dan Gigi Palsu

Gigi ompong tentu bikin penampilan kita jadi enggak percaya diri ya, DUIon. Nah, implan ataupun pemasangan gigi palsu adalah jalan keluar paling populer di masyarakat saat ini. Lalu apa bedanya?

Pengertian implan gigi sendiri secara awam adalah pemasangan sejenis sekrup dari bahan titanium ke dalam tulang alveolar rahang (tempat dimana gigi kita tertanam) dan selanjutnya dipasang mahkota tiruan di atasnya. Jadi kalau ada yang masih bertanya apa bedanya gigi palsu biasa sama implan gigi itu sebenarnya sama saja, sama sama dari keluarga gigi palsu yang harmonis.

Bedanya adalah jenisnya, yang sering kita kenal saat ke dokter gigi adalah jenis gigi palsu lepasan, atau bisa dilepas pasang. Dan kalau implan masuk dalam kategori gigi palsu yang tidak bisa dilepas pasang. Jadi ketika pasang kalau tidak rusak atau mengalami masalah ya akan tetap disitu.
Nih jika digambarkan secara mudah prosesnya adalah :

1. Pasien datang cabut gigi
2. Gigi dicabut
3. Bekas gusi yang giginya diambil dipasangi implan (sekrup/pasak bahan titanium)
4. Dibuatkan mahkota baru diatasnya mirip dengan gigi’
5. Dinikmati si pasien dengan daya tahan sampai 10 tahun jika perawatannya baik.

Kira kira butuh Berapa lama waktu pasang implan di dokter gigi?

Lama waktu pasang implan itu relatif, ada yang lama ada juga yang bentar, namun dari beberapa pengalman menunjukkan bahwa untuk keseluruhan proses sampai implan gigi enak digunakan itu sampai 3 s.d 5 bulan. kalau pasang pertamanya hanya sebentar, seperti perawatan gigi lain seperti cabut gigi / tambal, paling pasang implan gigi ini hanya butuh waktu 30 menit

Apa kelebihan implan gigi dibandingkan dengan gigi palsu model lepasan?

Implan tentu lebih baik jika dibandingkan gigi tiruan lepasan, implan lebih menyerupai gigi asli dan beban pengunyahan benar benar ada pada jaringan tulang alveolar dimana gigi asli itu ada. Sedangkan gigi palsu model lepasan yang pegangannya kawat, atau plat itu titik bebannya ada pada gusi saat pengunyahan. Sehingga lama kelamaan akan bisa longgar dan tidak nyaman.

Sekarang kamu sudah tahu kan, DUIon?? Nah.. untuk perawatan kesehatan gigi kamu jangan lupa periksakan di Dental Universe Indonesia ya! Kami juga bisa kalau kamu mau pemasangan implan gigi ya! Yuk, tunggu apa lagi? Konsultasinya GRATIS lho!!

http://www.maskempot.com/2015/10/apa-itu-implan-gigi-dan-apa-bedanya.html