Inilah Fakta Tentang Air Liur Manusia

Di dalam tubuh manusia ada 3 cairan yang berfungsi sebagai pelindung alami di dalam tubuhnya yaitu air liur, air mata dan cairan vagina (pada wanita). Sama halnya seperti gigi yang perlu lakukan perawatan di dokter gigi seperti memutihkan gigi, air liur pun ada tips untu menjaga kualitasnya, DUIon..

Nah.. untuk mengetahui lebih banyak tentang air liur, berikut beberapa pengetahuan tentang air liur manusia,

  1. Apa sih air liur?

Air liur atau air ludah dalam bahasa ilmiah dikenal dengan saliva adalah cairan bening yang dihasilkan di dalam mulut oleh manusia atau hewan. Air liur sebagian besar diproduksi oleh tiga kelenjar utama yaitu kelenjar parotis, kelenjar sub lingual dan kelenjar sub mandibula.

  1. Tipe air liurMengutip Guyton & Hall dalam Textbook of Medical Phisiology, air liur terdapat dua tipe yaitu Sekresi serus yang mengandung ptyalin (suatu alfa amylase) merupakan enzym untuk mencernakan karbohidrat dan sekresi mucus yang mengandung mucin yang sebagian besar dihasilkan oleh kelenjar parotis, fungsinya pelumasan atau perlindungan permukaan.

Selanjutnya, nih ada tips buat kalian untuk menjaga kualitas air liur:

  1. Gunakan pasta gigi yang tidak mengandung detergen. Kandungan Sodium Lauryl Sulfat (deterjen) yang terdapat di dalam pasta gigi dapat merusak kualitas air ludah dan membuat mulut kering serta merusak indera pengecap sehingga rasa makanan berubah menjadi pahit.
  2. Hindari segera menyikat gigi setelah makan, sebaiknya 20 menit setelah makan, karena menurut Prof drg Melanie S. Djamil, Mbiomed, pakar kesehatan gigi dan mulut, air liur berfungsi sebagai buffer ( penyeimbang). Pada saat makan, pH normal saliva semula 6,8 akan turun hingga mencapai pH kritis, yaitu 4.

Kesehatan gigi memang penting ya, DUIon. Seperti permasalahan tampilan gigi yang kuning bisa perawatan bleaching atau memutihkan gigi. Intinya, yuk lakukan pemeriksaan kesehatan gigi kamu di Dental Universe Indonesia, karena konsultasinya GRATIS!!

Dan jangan lupa lakukan pemeriksaan kesehatan gigi kamu minimal 6 bulan sekali ya!
Dental Universe.. “WE TRUST YOU”