Inilah Cara Mencegah Gigi Berlubang

Gigi merupakan jaringan tubuh yang paling keras dibanding lainnya. Perawatannya seperti menggosok gigi selain bisa mencegah penumpukan plak atau karang gigi, bisa juga mencegah gigi berlubang.

Selain karang gigi, permasalah gigi lainnya adalah karies pada gigi sulung (gigi anak). Ini disebabkan karena struktur giginya lebih tipis dan lebih kecil dibandingkan dengan gigi dewasa (gigi tetap). Perawatan gigi anak yang rusak termasuk sulit. Di samping itu juga memerlukan waktu dan dana yang tidak sedikit.

Nah, di sini Di ada beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk segala umur untuk mencegah gigi berlubang:

  1. Kurangi konsumsi makanan manis dan mudah melekat pada gigi seperti permen dan coklat. Pada anak mungkin melarangnya sama sekali dapat menimbulkan dampak psikis, maka perlu dipikirkan alternatif penyelesaiannya.
  2. Menggosok gigi secara teratur dan benar. Sebaiknya dilakukan pada pagi, sore dan menjelang tidur. Lebih baik lagi bila dilakukan tiap usai makan. Dalam hal ini pilihlah sikat gigi yang berbulu halus dan pasta gigi yang mengandung fluor. Biasakan pula berkumur-kumur setelah makan makanan manis.
  3. Siapkan makanan yang kaya akan kalsium (seperti ikan dan susu), fluor (sayur, daging dan teh), vitamin A (wortel), vitamin C (jeruk), vitamin D (susu), vitamin E (kecambah).
  4. Menjaga higiene gigi dan mulut. Bila ada karang gigi sebaiknya dibawa ke dokter untuk dibersihkan. Sebaiknya pula memeriksakan gigi tiap enam bulan sekali.

Kamu juga disarankan untuk lakukan pengecekan kesehatan gigi di klinik gigi minimal 6 bulan sekali ya. Kamu bisa lakukan perawatan pembersihan karang gigi lho. Dan di Dental Universe Indonesia kami akan memberikan konsultasi secara GRATIS.

Source : http://www.pdgi-online.com/