Inilah Alasan Seseorang Memasang Gigi Palsu

Banyak alasan seseorang memutuskan untuk memasang gigi palsu. Salah jenis gigi palsu yang sering digunakan adalah gigi palsu tiruan yang terbukti efektif untuk menggantikan gigi berlubang. Selain itu, gigi palsu tiruan tersebut dapat meminimalisir gangguan kesehatan di sekitar rongga mulut.

Salah satu Dokter Spesialis Prostodonsia, drg Susi Puspitadewi SpProst mengatakan, sudah 20 juta penduduk Indonesia tercatat menggunakan gigi palsu. Biasanya cara ini digunakan untuk menggantikan gigi yang rusak atau berlubang akibat kejadian tertentu.

 

Alasan umum yang biasanya mendasari seseorang memasang gigi palsu adalah gigi keropos, gigi tanggal dan yang terakhir adalah gigi patah. Biasanya dengan kondisi gigi seperti itu akan menurunkan fungsi gigi dan membuat fungsi gigi menjadi berkurang serta lamban. Tentu saja hal ini akan berpengaruh langsung saat sedang mengunyah makanan.

Disisi lain, jika ada gigi yang hilang ataupun rusak pastinya akan mengganggu dalam berpenampilan. Orang tersebut akan menjadi kurang percaya diri dalam menjalani aktivitasnya. Apabila jika dibiarkan terus menerus, gigi akan mengalami pergeseran karena gigi yang miring. Hal itu akan berimbas pada susunan gigi lainnya, yang mana makanan akan mudah terselip sehingga dapat menyebabkan gigi berlubang.

Kondisi gigi yang rusak jika dibiarkan terus menerus akan berdampak pada fungsi gigi lainnya. Misalnya saja, dampaknya bisa mempengaruhi fungsi bicara seseorang. Selain itu juga, dapat berefek pada gangguan kerja sendi. Efek paling parah jika tidak memakai gigi palsu adalah makanan yang kita kunyah masih kasar yang tentunya berpengaruh pada gangguan fungsi pencernaan.

Sebenarnya penggunaan gigi palsu tidak ada bedanya antara perempuan maupun laki-laki. Sedangkan untuk jenis gigi yang bisanya paling sering diganti dengan gigi palsu adalah geraham pertama. Hal itu karena, gigi tersebut biasanya merupakan gigi yang pertama kali tumbuh pada manusia. Ada baiknya segera memasang gigi palsu, untuk meminimalisir keadaan yang semakin parah.

 

Nah kalau kamu ada rencana pemasangan gigi palsu, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter gigi. Di Dental Universe Indonesia, kamu akan dapatkan banyak promo menarik dan pastinya bisa konsultasi secara GRATISSS !!!!

 

https://lifestyle.okezone.com/read/2015/07/15/481/1182583/alasan-seseorang-harus-pakai-gigi-palsu
https://health.detik.com/read/2015/10/21/100615/3049281/775/alasan-memakai-gigi-palsu-paling-banyak-karena-keropos