Ini yang Terjadi Ketika Karang Gigi Dibiarkan Menumpuk.

Merawat dan membersihkan gigi merupakan hal yang sangat penting, namun masih sering disepelekan. Salah satunya adalah malas membersihkan gigi baik setelah makan ataupun sebelum tidur. Hal itu menimbulkan karang gigi yang jika dibiarkan menumpuk akan membuat penampilan gigi menjadi tak indah.

 

Karang gigi bisa menjadi salah satu penyebab dari beberapa penyakit rongga mulut seperti radang gusi (gingvitis) dan bau mulut (halitosis). Apalagi jika seseorang memiliki pH air liur yang tinggi yaitu di atas 7 atau bersifat basa, maka perlu menjaga gigi jauh lebih ketat.

Karang gigi terbentuk dari sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Jika dibiarkan sisa makanan itu akan mengeras sehingga menjadi karang. Biasanya salah satu efek yang ditimbulkan oleh karang gigi adalah radang gusi dan bau mulut. Hal itu terjadi karena sisa makanan yang menumpuk sehingga bakteri dengan mudah berkembang biak pada area tersebut.

Cara terbaik untuk mengatasi karang gigi yang menumpuk adalah dibersihkan dengan alat khusus dan bisa dilakukan hanya oleh dokter gigi. Karang gigi tidak dapat hilang begitu saja hanya dengan menggosok gigi atau berkumur. Solusi terbaik yang harus dilakukan adalah mengunjungi dokter gigi secara rutin.

Nantinya dokter gigi akan memeriksa apakah di dalam mulut terdapat karang gigi. Jika memang ada, maka akan dibersohkan dengan cara yang tepat. Berkonsultasilah dengan dokter gigi mengenai frekuensi yang diperlukan untuk melakukan pemeriksaan dan pembersihan karang gigi berikutnya sesuai kondisi kesehatan mulut.

Nah jangan lupa untuk memeriksakan gigi minimal 6bulan sekali. Di Dental Universe Indonesia, kamu bisa dapatkan banyak promo menarik dan tentu saja konsultasi dilakukan secara GRATISS !!

http://health.detik.com/read/2013/11/15/161246/2414367/763/