Ini Dia Pentingnya Penggunaan Retainer Setelah Lepas Behel !

Terkadang setelah melepas behel, seseorang perlu memakai retainer guna menjaga agar gigi tidak berpindah dari posisi. Selain itu, retainer berfungsi untuk meratakan beberapa bagian gigi guna menyelaraskan susunan gigi geligi agar menjadi rata dan indah pada saat dilihat.

Secara umum, retainer biasanya disebut sebagai penahan gigi. Retainer sendiri adalah alat ortodontik yang digunakan untuk menjaga susunan gigi setelah selesai proses perawatan behel. Retainer dijadikan solusi agar gigi tidak berpindah walaupun sudah diluruskan. Hal ini karena gusi dan tulang rahang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan kondisi gigi. Nah retainer dapat mencegah gigi tidak bergerak keluar dari susunan sampai tulang rahang telah menyesuaikan diri.

Ada dua jenis retainer yang bisa digunakan. Pertama, retainer yang berbentuk kawat dimana terdapat lapisan akrilik untuk menyambungkan kawat-kawat tersebut. Retainer tersebut terdiri dari kawat dan plastik yang melekat pada langit-langit. Retainer tersebut akan melengkung di atas dan permukaan bagian bawah gusi depan untuk lengkung bawah. Kedua, retainer yang berupa lapisan plastik transparan yang bentuknya sesuai dengan posisi gigi geligi. Retainer yang satu ini biasa disebut kawat gigi invisalign atau plastik bening.

 

 

 

 

Biasanya periode penggunaan retainer akan sama dengan periode penggunaan kawat gigi, atau bisa lebih lama. Retainer akan dirancang sesuai dengan bentuk dan wujud gigi seseorang. Perlu waktu agar terbiasa menggunakan retainer. Hal itu karena seseorang akan menghasilkan ludah seseorang sampai terbiasa menggunakan retainer.

Retainer yang digunakan akan disesuaikan dengan kebutuhan seseorang. Biasanya retainer lepasan harus terus dipakai selama 3-6 bulan pertama. Setelah itu, seseorang hanya perlu menggunakan retainer saat malam hari. Dokter ortodontis akan memberitahukan jadwal pemakaian.

Nah sudah tahu kan kegunaan dari retainer setelah lepas behel. Yuk periksakan gigi kamu di Dental Universe Indonesia, karena kamu bisa dapatkan banyak promo menarik dan juga konsultasi secara GRATISS !!!

https://www.docdoc.com/id/info/procedure/pemasangan-penahan-gigi