Hati-Hati! Kebiasaan Pakai Tusuk Gigi Bisa Merusak Gigi

Benda yang satu ini pasti tidak asing buat kalian, pasti menjadi benda yang selalu dicari selesai makan. Nah, benda tajam yang satu ini juga pasti disediakan oleh tempat atau restoran makanan dan ditaruh di atas meja. Menggunakan tusuk gigi tentunya tidak bisa menghilangkan karang gigi.
Ya, toothpic atau TUSUK GIGI merupakan sebatang kayu atau plastik yang digunakan untuk menyingkirkan sisa-sisa makanan dari gigi setelah makan. Tusuk gigi biasanya mempunyai satu atau dua ujung yang tajam untuk disisipkan di antara gigi. Nah gak jarang juga diantara kalian selalu mencari sikecil yang tajam ini kan ?
Tapi tahukah kalian, DUIon?
Ternyata terdapat bahaya jika kalian sering menggunakan tusuk gigi terlalu sering loh
Mari kita bahas apa sih penyebab dari simungil tusuk gigi ini ?

1. Gigi Jadi Renggang

Penggunaan tusuk gigi yang terlalu sering untuk membersihkan gigi bisa membuat gigi dan gusi jadi renggang. Bahkan gak Cuma itu DUIon, susunan atau tatanan gigi pun bisa berantakan dan kurang rapi. Masalah abrasi juga bisa terjadi karena kebiasaan buruk penggunaan tusuk gigi. Duh saying banget kalo gigi kamu menjadi berantakan hanya karena tusuk gigi.

2. Lecet Pada Gusi

Tusuk gigi biasanya terbuat dari kayu yang runcing, keras dan kaku. Kesalahan dalam menggunakan tusuk gigi bisa melukai gusi dan membuatnya lecet. Jika gusi sudah lecet, dikhawatirkan ini bisa membuat masalah atau luka yang lebih serius. Seram juga yaa DUIon

3. Kerusakan Enamel Gigi

Enamel merupakan lapisan luar gigi. Lapisan ini mengandung 5 persen air dan 95 persen zat inorganik hidroksi apalit (senyawa kalsium fospat) dan zat organik (protein dan mukopolisakarida). Enamel berfungsi untuk melindungi gigi karena bersifat sangat kuat. Tapi, kekuatan enamel pada gigi bisa berkurang bahkan rusak ketika kita terlalu sering membersihkan gigi pakai tusuk gigi yang tidak diketahui seberapa baik tingkat kebersihannya.

4. Infeksi Gigi dan Mulut

Kita tak pernah tahu kayu/plastik apa yang digunakan untuk bahan dasar tusuk gigi. Tidak jarang, tusuk gigi terbuat dari kayu/plastik yang cukup berbahaya dan mengandung bakteri serta virus jahat buat kesehatan gigi maupun mulut DUIon.
Waaah DUIon, ternyata kebiasaan yang kita lakukan tanpa di sadari malah membahayakan kita sendiri. Untuk memastikan bahwa gigi kamu tetap sehat dan kuat tentunya. YUKS, Konsultasikan kondisi gigi kamu di Dental Universe Indonesia. Karena untuk konsultasinya GRATIS untuk kalian. Untuk membersihkan karang gigi tentunya kamu harus lakukan perawatan scaling ya.
Lakukanlah minimal 6 bulan sekali secara rutin yaa, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Dental Universe … “WE TRUST YOU”
Source : https://www.vemale.com/kesehatan/104207-4-bahaya-mengerikan-bersihkan-gigi-pakai-tusuk-gigi.html