Bahaya ini Mengancam Gigi jika Kamu Hobi Menggeretakkan Gigi

Secara media menggeretakkan gigi atau lebih dikenal dengan bruxism dianggap sebagai salah satu gangguan tidur. Bruxism sendiri adalah kondisi dimana melakukan aktivitas menggeretakkan gigi secara tidak sadar ketika tidur. Apabila dibiarkan, bruxism ternyata berbahaya bagi kesehatan gigi.

Bruxism yang tidak segera ditangani akan merusak lapisan terluar gigi atau email. Untuk bruxism yang ringan memang tidak memerlukan perawatan khusus, namun untuk beberapa kasus bruxism bisa sampai menyebabkan kelainan dagu, sakit kepala, merusak gigi dan masalah-masalah lainnya.

Dr. Noshir Mehta (profesor Tufts University School of Dental Medicine di Boston) menyatakan bahwa bruxism mempengaruhi sekitar satu dari 20 orang dewasa dan sekitar 25% anak-anak. Hal tersebut tentunya harus dibayar dengan uang untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan bruxism.

Beberapa efek dari bruxism diantaranya gigi menjadi mudah patah, longgar dan mudah lepas. Bahkan efek dari bruxism ini memberikan efek negatif luka pada jaringan periodontal. Hal ini terjadi karena traumatik oklusi yang disebabkan oleh tonjolan mahkota gigi yang tajam. Jika tekanan ke samping maka diberikan ke ujung tonjolan mahkota gigi tersebut maka akan mengakibatkan tekanan pada tonjolan mahkota gigi pada jaringan periodonsium lebih berat apabila dibandungkan dengan tekanan pada ujung tonjolan di mahkota gigi.

Sampai sekarang memang belum ditemukan angka tertentu untuk biaya bruxism. Perlua diketahui, biaya perbaikan gigi seperti kebutuhan untuk menambal, menambah mahkota, perawatan saluran akar dan gusi tentunya akan sangat besar. Biasa diperkirakan biaya keseluruhan diperkirakan sangat besar setiap tahunnya.

Nah sudah tahu kan DUIon? Kalau  kamu ada rencana untuk melakukan perawatan gigi, kamu bisa langsung datang aja ke Dental Universe Indonesia karena kamu akan dapatkan konsultasi secara GRATISS !! Sssttt banyak promo menarik juga yang menanti kamu. Reservasikan diri kamu sekarang juga di 0813-8000-0392 (Kelapa Gading) atau 0813-8000-0372 (Tebet)

https://www.merdeka.com/sehat/bruxism-kebiasaan-menggeretakkan-gigi-saat-tidur.html
https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/mengenal-bruxism-kebiasaan-menggemeretak-gigi-saat-tidur/ 
https://efekbruxism.wordpress.com/2017/10/27/bahaya-efek-bruxism-bagi-tubuh-anda/