Apa itu Maryland Bridge?

Seiring berjalannya waktu, biasanya gigi akan mulai mengalami masalah. Hal itu biasanya terjadi karena kita kurang menjaga kesehatan gigi. Perlu diketahui jika kerusakan pada gigi bisa terjadi karena faktor usia, kekurangan gizi, ataupun kecelakaan. Jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan resiko yang amat besar, misalnya saja gigi menjadi keropos parah. Biasanya solusi dari masalah tersebut adalah dengan melakukan perawatan prosthodontic.

Ada beberapa jenis perawatan yang termasuk di dalam perawatan prosthodontik yaitu gigi tiruan, crown dan bridge. Salah satu jenis perawatan yang jarang diketahui orang adalah maryland bridge. Nah maryland bridge sendiri adalah salah satu jenis dari gigi tiruan bridge yang di mana bagian pontiknya terbuat dari porselen. Sedangkan kedua sayapnya terbuat dari metal atau bisa juga dari composite.

Sebenarnya maryland bridge menawarkan banyak keuntungan seperti persiapan gigi yang minimal, dimana melibatkan pengurangan kurang dari setengah jumlah struktur gigi koronal menurut beratnya dibandingkan dengan mahkota cakupan tempat. Biasanya pasien akan dibuat nyaman dengan diperkuat fakta bahwa penggunaan anestesi akan dihindari dan meminimalisir adanya trauma pulpa.

Biasanya sayap dari maryland bridge ini akan dilekatkan pada kedua sisi penyangga. Kelebihan dari maryland bridge adalah tidak diperlukannya pengurangan gigi yang banyak pada saat preparasi. Pengurangan gigi hanya dilakukan untuk menyiapkan tempat saat sayap diletakkan pada gigi penyangga. Jadi preparasi yang dilakukan tidaklah maksimal dan juga saat preparasi dilakukan tidak diperlukan penggunaan anestesi pada pasien karena hanya alan melakukan pengasahan yang minimal pada gigi penyangga, kecuali pada pasien yang memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi. Sedangkan kekurangan dari gigi tiruan ini adalah hanya bisa diindikasikan pada pasien yang memiliki kasus sama dengan space yang kecil atau terjadi kehilangan gigi tidak banyak.

Nah sudah tahu kan, DUIon? Kalau kamu ada rencana ingin melakukanperawatan gigi, kamu bisa langsung aja datang ke Dental Universe Indonesia dan dapatkan konsultasi secara GRATISSS !!! Ssstt banyak promo menarik juga lhoo !! Reservasikan diri kamu sekarang juga di 0813-8000-0392 (Kelapa Gading) atau 0813-8000-0372 (Tebet)

https://dokumen.tips/documents/maryland-bridge-adalah-salah-satu-jenis-dari-gigi-tiruan-jembatan-dimana-bagian.html
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5030500/