Mengenal Stain yang Terdapat pada Gigi - Dental Universe Indonesia

Mengenal Stain yang Terdapat pada Gigi

Pasti diantara kalian pernah mengalami perubahan warna pada gigi. Biasanya warna tersebut menempel pada gigi dan akan menimbulkan penyakit jika tidak dibersihkan. Kira-kira apa ya penyebab stain yang terdapat pada gigi dan bagaimana cara mengatasinya ya?

Menurut Mangoen Prasodjo (2009), stain adalah warna yang menempel di atas permukaan gigi biasanya terjadi karena pelekatan warna makanan, minuman, ataupun rokok yang meninggalkan tar berwarna kecoklatan pada gigi. Hal tersebut terjadi secara perlahan dalam waktu yang cukup banyak.  Biasanya menurut Grossman (1995), stain adalah perubahan warna yang ditemukan pada permukaan luar gigi dan biasanya berasal lokal, misalnya noda tembakau yang menyebabkan gigi berwarna gelap.

Baca Juga : Manfaat dari Rutin Membersihkan Karang Gigi

Diskolorasi gigi atau stain adalah deposit berpigmen pada permukaan gigi. Stain merupakan masalah estetik dan tidak menyebabkan peradangan pada gusi. Penggunaan produk tembakau, teh, kopi, obat kumur tertentu, dan pigmen di dalam makanan menyebabkan terbentuknya stain. Stain akibat pemakaian produk-produk tersebut menghasilkan permukaan yang kasar sehingga mudah ditempeli oleh sisa makanan dan kuman yang akhirnya membentuk plak. Apabila tidak dibersihkan, plak akan mengeras dan membentuk karang gigi (calculus) yang dapat merambat ke akar gigi. Hal tersebut dapat mengakibatkan gusi mudah berdarah, gigi gampang goyang, dan mudah tanggal. Stain pada gigi dapat terjadi dengan tiga cara : (1) stain melekat langsung pada permukaan, (2) stain terjebak di dalam kalkulus, dan (3) stain bergabung dengan struktur gigi atau bahan tambalan.

Nah ini dia jenis stain berdasarkan lokasi adalah :

  1. Stain Ekstrinsik

Stain ini terjadi pada permukaan luar gigi dan dapat dihilangkan dengan prosedur menyikat gigi, scaling dan atau poles.

  1. Stain Intrinsik

Stain ini terjadi di dalam substansi gigi dan tidak dapat dihilangkan dengan teknik scaling maupun poles.

Baca Juga: Merokok Ternyata Dapat Memicu Timbulnya Karang Gigi

Perlu diketahui, cara menghilangkan stain yang melekat langsung pada permukaan gigi dan mengendap pada kalkulus atau karang gigi adalah dengan cara di scaling dan dipoles. Stain di depan permukaan gigi bisa juga dihilangkan dengan cara di bleaching (pemutihan gigi). Akibat stain selain masalah estetik adalah endapan stain yang menebal dapat membuat kasar permukaan gigi yang selanjutnya akan menyebabkan penumpukan plak sehingga mengiritasi gusi atau gingiva didekatnya.

Untuk informasi lebih detail, silakan Whatsapp kami (klik link di bawah ini):

Demikian penjelasan tentang stain yang terdapat pada gigi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk konsultasi kesehatan gigi di Dental Universe Indonesia ya!

Dentist | Traveller | Food | “Kalau kamu tau betapa Indonesia itu indah, gak akan ada waktu lagi buat galau!”