Getah Pohon Pisang Dapat Menyembuhkan Luka Setelah Pencabutan Gigi - Dental Universe Indonesia

Getah Pohon Pisang Dapat Menyembuhkan Luka Setelah Pencabutan Gigi?

Pencabutan gigi merupakan prosedur umum dalam dunia kedokteran gigi. Setelah pencabutan gigi akan dihasilkan suatu perlukaan atau lubang yang disebut soket. Respon dasar terhadap adanya kerusakan atau luka pasca pencabutan gigi adalah inflamasi atau reaksi peradangan yang akan berlanjut ke proses repair jaringan yaitu penggantian sel mati oleh sel hidup.

Penyembuhan luka terjadi di dalam tubuh secara seluler maupun biokimia untuk memperbaiki atau meregenerasi integritas jaringan dan fungsi organ dari kerusakan yang diakibatkan oleh luka. Proses penyembuhan luka dapat dipercepat pada kondisi tertentu, faktor-faktor yang mempengaruhi penyembuhan luka antara lain usia, hormonal,stres, nutrisi, obesitas, penyakit sistemik, konsumsi obat-obatan, alkohol, dan merokok.

Baca Juga : Diet untuk Kesehatan Gigi

Saat ini penelitian untuk pengobatan luka pasca pencabutan gigi menggunakan bahan-bahan herbal telah menjadi fokus oleh para peneliti di dunia. Salah satu bahan herbal yang digunakan dalam pengobatan luka tersebut adalah tanaman pisang. Tanaman pisang merupakan tumbuhan tropis yang memiliki getah di mana jika luka yang telah diolesi getah pohon pisang dapat sembuh lebih cepat disebabkan adanya kandungan-kandungan dalam getah batang  pisang yang bermanfaat dalam proses penyembuhan luka.

Kemampuan getah batang pisang menyembuhkan luka disebabkan kandungan zat antrakuinon, saponin, flavonoid dan asam askorbat. Saponin manfaatnya meningkatkan pembuluh darah baru pada luka.  Flavonoid manfaatnya untuk memperpendek waktu peradangan /inflamasi luka, dan asam askorbat bermanfaat untuk memperkuat dan mempercepat pertumbuhan jaringan ikat/kolagen baru. Fungsi flavonoid sebagai antibiotic pada getah batang pisang berperan untuk membunuh kuman-kuman penyakit penyebab timbulnya infeksi yang dapat memperparah luka penderita.

Baca Juga: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Sementara itu, kandungan asam askorbat pada getah batang pisang berfungsi menstimulasi pertumbuhan sel kulit. Dengan begitu pertumbuhan sel-sel kulit penutup luka menjadi lebih cepat,karena pertumbuhan sel-sel baru dipercepat. Hal ini menjadi bukti khasiat pohon pisang yang sangat besar dalam proses penyembuhan luka.Sedikit gatal setelah luka mulai mengering merupakan efek samping wajar yang bisa kita alami ketika luka mulai mengering.

Hal ini disebabkan karena getah batang pisang yang digunakan masih mengandung beberapa zat yang mempunyai efek negatif terhadap kulit terutama luka. Akan tetapi, semua itu tidak berpengaruh terlalu besar terhadap hasil penyembuhan luka, karena hanya berupa faktor kecil penghambat proses penyembuhan. Oleh karena itu getah batang pisang dapat digunakan sebagai obat alternatif dalam menyembuhkan luka salah satunya luka pada pencabutan gigi.

Demikian penjelasan tentang kegunaan getah pohon pisang. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk konsultasi kesehatan gigi di Dental Universe Indonesia ya!

Untuk informasi lebih detail, silakan Whatsapp kami (klik link di bawah ini):

Sumber Referensi

http://jurnal.unpad.ac.id/jkg/article/view/18528