Penyebab dan Pencegahan Gusi Berdarah - Dental Universe Indonesia

Penyebab dan Pencegahan Gusi Berdarah

Gusi yang sehat adalah tanda kebersihan mulut selalu terjaga dan baik. Namun ada kalanya, gusi mulai terasa sakit dan meradanng karena hal tertentu. Nah hal itu mengindikasikan bahwa ada masalah kesehatan mulut. Salah satu masalah yang sering muncul adalah gingivitis. Lantas bagaimana pencegahan gusi berdarah?

Gingivitis (radang gusi) adalah suatu proses peradangan jaringan periodonsium yang terbatas pada gingiva dan bersifat reversibel. Biasanya inflamasi gingiva cenderung dimulai pada papilla interdental dan menyebar ke sekitar leher gigi. Gingivitis secara epidemiologis diderita oleh hampir semua populasi masyarakat di dunia. Faktor-faktor yang mempengaruhi prevalensi dan derajat keparahan gingivitis adalah umur, kebersihan mulut, pekerjaan, pendidikan, letak geografis, polusi lingkungan, dan perawatan gigi.

Baca Juga : Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi, Jangan Disepelekan!

Proses peradangan yang terjadi pada gingivitis  terbatas pada jaringan epitel mukosa yang mengelilingi bagian leher dari gigi dan proses alveolar. Gingivitis telah diklasifikasikan berdasarkan penampilan klinis (misalnya saja ulseratif, hemorrhagic, necrotizing, bernanah), etiologi (misalnya saja drug-induced, hormonal, nutrisi, infeksi, dan plaque-induced), dan durasi (akut dan kronis). Jenis yang paling umum dari gingivitis adalah bentuk kronis yang disebabkan oleh plak. Gingivitis adalah suatu proses peradangan jaringan periodonsium yang terbatas pada gingiva danbersifat reversibel.

Penyebab dan Pencegahan Gusi Berdarah

Gingivitis biasanya disebabkan oleh buruknya kebersihan mulut sehingga terbentuk plak atau karang gigi di bagian gigi yang berbatasan dengan tepi gusi. Penyebab utama gingivitis adalah bakteri plak, plak dan karang gigi mengandung banyak bakteri yang akan menyebabkan infeksi pada gusi. Bila kebersihan mulut tidak diperbaiki, gingivitis akan bertambah parah dan berkembang menjadi periodontitis. Gingivitis biasanya disebabkan oleh buruknya kebersihan mulut sehingga terbentuk plak atau karang gigi di bagian gigi yang berbatasan dengan tepi gusi.Plak dan karang gigi mengandung banyak bakteri yang akan menyebabkan infeksi pada gusi.

Baca Juga : Gusi Berdarah? Mungkin Ini Penyebabnya!

Sebetulnya gingivitis bisa dicegah dengan beberapa cara sederhana yaitu:

  • Mengunjungi dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan untuk mengangkat plak. Ikuti petunjuk dokter gigi tentang perawatan di rumah.
  • Anda harus menyikat gigi dengan lembut menggunakan sikat gigi berbulu halus setidaknya 2 kali sehari. Paling baik jika Anda dapat menyikat gigi setelah setiap kali makan. Dokter gigi dapat menyarankan Anda untuk berkumur dengan air garam atau hidrogen peroksida dengan air. Jangan gunakan obat kumur yang mengandung alkohol karena dapat memperburuk masalah.
  • Membersihkan dengan benang gigi 2 kali sehari dapat mencegah penumpukkan plak. Anda dapat mencoba pola makan yang sehat dan seimbang. Hindari cemilan di antara waktu makan dan kurangi konsumsi karbohidrat.

Demikian penjelasan tentang penyebab dan pencegahan gusi berdarah. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk konsultasi kesehatan gigi di Dental Universe Indonesia ya!

Untuk informasi lebih detail, silakan Whatsapp kami (klik link di bawah ini):

Dentist. Born to be wild and marvelous.