Nursing Bottle Caries Pada Anak - Dental Universe Indonesia

Nursing Bottle Caries Pada Anak

Karies gigi atau gigi berlubang dapat juga terjadi pada anak, dan sering kali terabaikan. Salah satu faktor pemicu terjadinya karies gigi pada bayi dan anak-anak adalah menggunakan botol (berisi cairan karbohidrat seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa) dalam jangka waktu yang yang lama dan sering setiap harinya, kondisi seperti ini dikenal sebagai nursing bottle caries atau karies botol.

Minuman berkadar gula dalam botol, umumnya susu dan sari buah, yang diminum sebelum tidur pada akhirnya akan mengendap menjadi asam. Endapan gula dan asam inilah yang dapat merusak gigi hingga membuatnya menjadi berlubang.

Baca Juga : Yuk Jaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini!

Kesehatan gigi dan mulut dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan seorang anak, karenanya kesehatan gigi dan mulut seorang anak seharusnya menjadi prioritas orang tua dalam pertumbuhan dan perkembangan anaknya. Ciri khas nursing bottle caries pada anak adalah pada pola karies dan warnanya, awalnya gigi susu bagian depan atas akan mulai tampak kuning kecoklatan, dan berkembang menjadi coklat kehitaman hingga berlanjut sampai mahkota gigi habis dan meninggalkan sisa akar giginya saja. Kondisi ini juga dapat terjadi pada gigi geraham susu atas dan bawah hingga taring bawah. Untuk gigi susu depan bagian bawah biasanya jarang mengalami karies dikarenakan posisinya terlindungi oleh lidah ketika anak menghisap botol susu.

Baca Juga : Membiasakan Anak Perawatan ke Dokter Gigi Sedari Dini

Pencegahan agar tidak terjadi nursing bottle caries pada anak, adalah dengan cara sebagai berikut :

  1. Hentikan kebiasaan memberi anak dot atau minum susu dengan botol sebelum tidur, ajarkan anak untuk minum dengan menggunakan gelas
  2. Hindari pemberian makanan manis sepereti coklat, permen dan makanan yang mengandung gula lainnya.
  3. Ajarkan anak terbiasa menyikat gigi minimal 2 kali sehari, yaitu pada saat pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.
  4. Untuk anak/batita yang belum dapat menyikat giginya sendiri, bantu bersihkan gigi dan mulutnya dengan menggunakan :
    1. Lilitkan selembar kain kasa steril pada jari telunjuk
    2. Celupkan lilitan kasa steril pada air hangat
    3. Usap secara perlahan pada gigi anak
  5. Perkenalkan anak pada dokter gigi sejak dini, ajarkan mereka untuk tidak takur dalam bertemu dokter gigi, dan memeriksa giginya, sehingga bisa mendapatkan perawatan dini pada gigi susu, minimal setiap 6 bulan sekali.
  6. Beri anak pujian ketika berhasil menghentikan kebiasaannya maupun ketika mereka tidak takut bertemu dokter gigi untuk dilakukan tindakan.

Demikian penjelasan tentang nursing bottle caries. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk konsultasi kesehatan gigi di Dental Universe Indonesia ya!

Sumber Artikel :

  1. Zendrato Melfi, Penyebab Karies Botol dan Pencegahannya, 2018
  2. Ensiko, Apa itu karies botol dan karies rampak pada gigi anak, 2015
  3. Anthony Yuan, Apa itu Nursing Bottle Caries (NBC), 2018