9 Penyebab Gusi Menjadi Hitam - Dental Universe Indonesia

9 Penyebab Gusi Menjadi Hitam

Coba cek di depan cermin, sambil tertawa lebar. Apakah Anda melihat gusi menjadi hitam ataukah gusi berwarna merah jambu? Karena saat Anda tersenyum, bukan hanya barisan rapi gigi yang akan terlihat, namun juga bagian gusi di atasnya. Tentu rasa percaya diri akan lebih meningkat dengan gusi yang sehat, bukan?

Senyuman yang indah tentu tidak lepas dari gusi yang juga kelihatan sehat. Gusi yang sehat selalu berwarna merah mudah. Namun ketika gusi menjadi hitam atau berwarna gelap, pasti akan sedikit memberi kesan kurang baik. Apa sebenarnya penyebab gusi jadi hitam?

Baca Juga : Tips Menjaga Gigi dan Gusi Anak Agar Tetap Sehat

  1. Faktor keturunan/genetis

 Faktor yang pertama adalah pewarisan gen melalui keturunan. Pada beberapa ras tertentu, seperti ras negroid atau beberapa suku bangsa di Indonesia bagian timur, jumlah pigmen melanin yang ada di dalam tubuh mereka lebih banyak dibandingkan ras maupun suku bangsa yang lain. Hal ini kemudian turut memengaruhi warna gusi mereka sehingga tampak lebih hitam dibandingkan ras lainnya.

  1. Bahan tambalan logam

Mungkin Anda sudah pernah menambal gigi karena gigi anda berlubang. Maka itu sebaiknya Anda ketahui bahwa bahan yang digunakan, terutama yang bahan dasarnya dari heavy metal (logam) seperti silver, merkuri, arsen dan bismuth dapat diserap oleh gusi. Hal inilah yang membuat warna gusi yang normalnya merah mudah dapat mengalami perubahan menjadi lebih gelap. Bahkan jaringan lunak di sekelilingnya pun turut berubah.

Apabila Anda memerhatikan ada yang berbeda pada gusi Anda, seperti gusi menjadi hitam atau seperti warna kebiruan yang terdapat di sepanjang bagian pinggir gusi serta garis hitam, seperti itulah ciri pewarnaan sebagai hasil dari faktor heavy metal tersebut. Kalau kondisi yang Anda alami adalah warna hitam terbatas di gusi cekat dan juga bagain gusi di sela-sela gigi, ini pun menandakan bahwa tambalan gigilah yang menjadi faktor pemicu. Warna hitam pada gusi atau gusi menjadi hitam ini mungkin dianggap bersifat fisiologis, tapi tidak ada salahnya jika Anda melakukan pemeriksaan gusi dengan mengonsultasikannya ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Faktor Penyakit lain (Sistemik)

 Penyakit sistemik cukup banyak dan rata-rata dapat menjadi pemicu dari gusi yang berubah warna. Warna hitam pada gusi Anda bisa jadi dikarenakan penyakit sistemik di mana pigmentasi oleh melanin, zat besi atau bilirubin dapat memengaruhinya. Sifat yang dimiliki pigmentasi akibat melanin sebenarnya adalah fisiologis atau termasuk wajar dan sangat berkaitan dengan suku atau etnis bangsa. Sementara penyakit yang bisa menaikkan risiko pigmentasi melanin antara lain sebagai berikut:

  • Penyakit von Recklinghausen atau yang juga dinamakan neurofibromatosis serta sindrom Albright atau polyostotic fibrous dysplasia adalah faktor penyebab terjadinya mulut mengalami pigmentasi melanin dan ini dijumpai juga di bagian gusi.
  • Sindrom Peutz-Jeghers adalah satu penyakit atau kondisi yang menjadi faktor penyebab pigmentasi melanin di bagian mukosa mulut serta bibir.
  • Penyakit Addison merupakan penyakit yang termasuk cukup populer di tanah air di mana kondisi ini muncul sebagai akibat disfungsi kelenjar adrenal. Pewarnaan pada gusi dapat dihasilkan oleh penyakit ini cukup beragam karena menimbulkan warna antara biru yang agak hitam sampai warna kecoklatan.
  1. Obat obatan tertentu

 Mengonsumsi obat tidak selalu aman karena ada beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh obat tertentu. Selain obat tertentu bisa berbahaya bagi organ dalam tubuh, bagian gusi juga terancam. Obat-obat yang dimaksud di sini antara lain adalah obat antidepresan trisiklik, agen antimalaria, dan juga minocycline. Ketiganya bila dikonsumsi dapat membuat gusi berubah warna menjadi lebih gelap atau menghitam.

  1. Peradangan pada gusi

 Peradangan pada gusi yang bisa disebabkan karena anda kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut. Selain berimbas pada bau mulut, biasanya gusi juga akan berubah warnanya. Namun, apabila ada penyakit gusi yang menyebabkan perdarahan di dalamnya, kemudian terdapat peradangan dan kemerahan, segera temui dokter gigi karena semuanya ini bakal mampu membuat gusi berwarna gelap sehingga kurang sedap dipandang ketika senyum menampakkan gigi.

Baca Juga : Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi, Jangan Disepelekan!

  1. Kebiasaan Merokok

Selain merupakan kebiasaan yang sama sekali tidak sehat karena dapat menjadi pemicu infeksi paru-paru, merokok akan memberikan tampilan yang kurang impresif pada senyuman Anda. Gusi menjadi hitam hitam dapat terjadi jika Anda memiliki kebiasaan merokok, apalagi jika merokok dalam frekuensi yang sering dan sudah sangat lama. Bandingkan saja antara gusi mereka yang bukan konsumen tembakau dengan konsumen tembakau karena pasti berbeda; gusi para konsumen tembakau akan kelihatan lebih hitam atau gelap karena adanya zat-zat kimia di dalam rokok/tembakau itu sendiri.

  1. Kebiasaan Mengkonsumsi Alkohol

Minuman keras atau minuman dengan kandungan alkohol tinggi adalah salah satu contoh jenis makanan/minuman tidak bernutrisi. Kebiasaan minum minuman keras juga sangat tidak sehat dan tidak baik bagi tubuh, salah satu efek buruk yang diberikan oleh minuman jenis ini adalah perubahan warna gusi menjadi gelap. Hal ini akan diperparah ketika Anda memiliki kebiasaan minum dan merokok di saat yang sama.

  1. Terpapar Sinar Matahari Berlebih

Anda tentunya sudah tahu bahwa jika sering terpapar sinar matahari, kulit perlahan akan berubah warna menjadi lebih hitam. Nah, ternyata hal yang sama dapat terjadi pula pada gusi. Jika kelewat sering terpapar sinar matahari, gusi Anda akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk menghitam. Sebab, gusi akan memproduksi banyak pigmen sebagai sistem pertahanan terhadap sinar matahari seperti yang terjadi pada kulit tubuh.

  1. Kurangnya Asupan Gizi Yang Baik

Mengonsumsi makanan tanpa kandungan nutrisi penting bagi tubuh tentu juga dapat menyebabkan gusi menjadi hitam. Warna hitam atau kecoklatan yang terjadi pada gusi menunjukkan bahwa tidak ada kesegaran di mana Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi banyak makanan bergizi untuk menambah nutrisi yang diperlukan tubuh, termasuk gusi dan gigi Anda. Nutrisi yang memadai akan senantiasa menjaga Anda tetap sehat tidak hanya bagi organ tubuh bagian dalam, tapi bahkan juga untuk area mulut.

Demikian penjelasan tentang penyebab gusi menjadi hitam. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk konsultasi kesehatan gigi di Dental Universe Indonesia ya!

Untuk informasi lebih detail, silakan Whatsapp kami (klik link di bawah ini):

Dentist.