mencegah noda pada gigi palsu-dental universe indonesia

Mencegah Noda pada Gigi Palsu

Gigi palsu biasanya digunakan oleh beberapa orang untuk menggantikan gigi yang hilang ataupun tanggal. Ketika memakai gigi palsu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihannya. Hal itu dikarenakan jika gigi palsu kotor maka akan memungkinkan bakteri dan jamur akan berkembang biak sehingga bisa mengakibatkan radang gusi dan bau mulut. Lalu bagaimana cara kita mencegah noda pada gigi palsu?

Sebagian orang tentunya ingin menghindari noda pada gigi palsu mereka dengan alasan estetika. Ada beberapa perawatan sederhana yang bisa dilakukan agar gigi palsu tetap terjaga kualitasnya. Nah berikut hal yang bisa dilakukan untuk mencegah noda pada gigi palsu.

  1. Cara Menggunakan sedotan saat minum minuman yang berwarna

Saat meminum minuman seperti kopi, teh, minuman soda ataupun jus buah ada baiknya menggunakan sedotan. Hal ini untuk mencegah gigi terkena noda secara langsung. Menggunakan sedotan akan menghindarkan noda dari minuman yang dikonsumsi terutama gigi bagian depan.

  1. Berhenti merokok

Kandungan yang terdapat di dalam rokok seperti tar dan nikotin ternyata dapat menodai gigi palsu. Ada baiknya mulai membatasi rokok yang akan dihisap akan gigi palsu selalu bersih dan terjaga. Dengan berhenti merokok juga bisa membuat gigi jauh lebih sehat dan juga dapat mencegah noda pada gigi palsu

  1. Berkumur dengan air setelah makan ataupun minum

Ada baiknya setelah makan ataupun minum minuman yang berwarna bilaslah gigi palsu secara menyeluruh dengan air yang mengalir. Apabila tidak ada tempat untuk membilas gigi palsu, berkumurlah agar bisa membantu mengangkat noda. Biasanya yang harus dipastikan adalah kondisi dan perawatan gigi palsu selalu terjaga.

  1. Makan buah dan sayuran yang renyah

Mulailah untuk konsumsi makanan seperti makan buah atau sayuran yang renyah seperti apel dan seledri. Buah dan sayuran yang renyah secara alami dapat membersihkan gigi palsu. Sebisa mungkin hindari makanan seperti buah beri, tomat, kecap ataupun cuka yang dapat meninggalkan noda pada gigi palsu.

Demikian penjelasan tentang cara mencegah timbulnya noda pada gigi palsu. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk konsultasi kesehatan gigi di Dental Universe Indonesia ya!

Untuk informasi lebih detail, silakan Whatsapp kami (klik link di bawah ini):

Sumber :

https://id.wikihow.com/Mencegah-Noda-pada-Gigi-Palsu

Dental Universe Indonesia hadir membawa konsep baru dalam dunia klinik gigi. Kami fokus pada pelayanan kualitas prima dengan harga yang terjangkau. Dengan konsep yang ceria, segar dan berwarna sehingga dapat menghilangkan kesan menakutkan akan perawatan di klinik gigi yang akan membuat anda nyaman dan lebih percaya diri.