Ini dia pentingnya flossing - dental universe indonesia

Ini Dia Pentingnya Flossing!

Ternyata menyikat gigi dua kali sehari saja ternyata belum cukup untuk membersihkan gigi. Biasanya seseorang juga juga sering melakukan kumur dengan cairan tertentu agar gigi dan nafas tetap segar. Di sisi lain beberapa orang juga menggunakan dental flossing untuk membersihkan sisa makan di sela-sela gigi.

Menurut  American Dental Association ternyata merekomedasikan untuk membersihkan celah gigi setelah menyikat gigi dengan menggunakan suatu alat yang bernama dental floss. Membersihkan celah di antara gigi dapat membantu mencegah terbentuknya lubang gigi dan keradangan pada gusi. Selain itu, membersihkan celah gigi dapat menghilangkan plak yang menempel pada gigi. Nah berikut adalah manfaat dan pentingnya melakukan flossing:

Plak yang terdapat pada gigi tersebut berisi bakteri yang akan menghasilkan asam apabila terkena sisa makanan yang menempel pada gigi. Asam tersebut akan menyebabkan lubang pada gigi. Selain itu, plak pada gigi yang tidak dibersihkan dengan baik dapat mengeras dan membentuk tar-tar atau karang gigi. Nantinya karang gigi yang menumpuk di sekitar gusi dapat menyebabkan keradangan pada gusi.

Ketika ada makanan yang tersisa di sekitar gigi, maka makanan akan membusuk dan menimbulkan bau tidak sedap. Apabila dibiarkan bakteri yang terbentuk pada mulut tidak segera dihilangkan, ternyata bisa menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit pernapasan dan lainnya.

Kira-kira kapan waktu yang terbaik untuk membersihkan celah gigi? Membersihkan celah gigi dengan menggunakan dental floss bisa dilakukan kapan saja. Bersamaan dengan menyikat gigi sebelum tidur, di pagi hari, atau setelah makan. Sebenarnya yang paling penting adalah membersihkan celah gigi setidaknya satu kali setiap hari! Jangan lupa, anak-anak juga perlu dibiasakan untuk membersihkan celah gigi sedari kecil.

Itulah beberapa manfaat penting melakukan flossing untuk kesehatan gigi. Tak hanya itu, flossing juga penting untuk mencegah penyakit tubuh lainnya dan membantu menghilangkan bau mulut.  Demikian penjelasan tentang pentingnya melakukan flossing. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk konsultasi kesehatan gigi di Dental Universe Indonesia ya!

Untuk informasi lebih detail, silakan Whatsapp kami (klik link di bawah ini):

 

Sumber :

Ditulis oleh drg. Anisa Galuh

Dental Universe Indonesia hadir membawa konsep baru dalam dunia klinik gigi. Kami fokus pada pelayanan kualitas prima dengan harga yang terjangkau. Dengan konsep yang ceria, segar dan berwarna sehingga dapat menghilangkan kesan menakutkan akan perawatan di klinik gigi yang akan membuat anda nyaman dan lebih percaya diri.