5 penyebab gigi menjadi kuning

5 Penyebab Gigi Menjadi Kuning

Seiring bertambahnya usia, lapisan enamel gigi yang putih makin tipis sehingga lapisan dentin menjadi berwarna kuning. Gigi kuning ternyata bisa disebabkan oleh beberapa hal. Kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan atau minuman tertentu dan kebersihan gigi ataupun mulut yang tidak terjaga ternyata dapat menjadi penyebab gigi menjadi kuning.

Secara tidak langsung makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat mempercepat perubahan warna gigi menjadi kuning. Nah zat warna yang ada di makanan tersebut dapat menyebabkan noda pada lapisan enamel gigi sehingga menyebabkan gigi menjadi kuning. Nah berikut adalah 5 hal yang bisa menyebabkan gigi kuning:

  1. Usia yang semakin menua

Gigi yang menjadi kuning karena faktor usia yang bertambah merupakan hal yang alami. Hal tersebut karena terjadinya proses penuaan diri pada diri kita. Secara tidak langsung hal tersebut juga dipengaruhi dari lapisan enamel ternyata mulai memudar akibat pemakaian yang begitu panjang sesuai dengan kebutuhan usia seseorang.

  1. Cara menyikat gigi yang salah

Sebagian orang biasanya hanya menyikat gigi secara asal-asalan sehingga sisa makanan yang ada tidak akan terkikis sempurna. Nah hal tersebut akan membuat kuman-kuman yang terdapat pada sisa makanan menjadi kuning. Ada baiknya mulai melakukan cara menyikat gigi dengan benar selama 2 menit. Jangan lupa sikat gigi dua kali sehari saat di pagi hari dan sebelum tidur.

  1. Kebiasaan merokok

Bukan rahasia umum lagi jika rokok menjadi salah satu faktor yang menyebabkan gigi menjadi kuning. Ternyata kandungan nikotin yang terdapat pada rokok menjadi faktor utama pemicu gigi menjadi kuning. Ada baiknya mulai mengurangi merokok untuk menjaga kesehatan juga.

  1. Konsumsi teh dan kopi

Teh dan kopi merupakan suguhan yang sering disantap saat bersantai. Tanpa kita sadari ternyata kandungan kafein yang tinggi pada kopi dapat membuat gigi menjadi kuning. Bahkan jika meminum kopi dijadikan sebuah kebiasaan makan gigi bisa menjadi hitam.

  1. Minuman beralkohol

Minuman alkohol tidak hanya memberikan dampak buruk bagi kesehatan tetapi juga dampak buruk bagi kebersihan ataupun kesehatan gigi. Salah satunya adalah menyebabkan gigi menjadi kuning. Oleh karena itu, mulailah untuk menghentikan konsumsi alkolahol dan secara perlahan mulai kebiasan untuk membersihkan gigi secara teratur.

Demikian penjelasan tentang penyebab gigi menjadi kuning. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk konsultasi kesehatan gigi di Dental Universe Indonesia ya!

 

Untuk informasi lebih detail, silakan Whatsapp kami (klik link di bawah ini):

 

Sumber :

https://bebasjerawat.info/cara-memutihkan-gigi/

https://www.vemale.com/kesehatan/113382-cara-memutihkan-gigi-kln.html

https://www.liputan6.com/health/read/3558117/19-cara-memutihkan-gigi-secara-alami-efektif-dan-tanpa-efek-samping

Dental Universe Indonesia hadir membawa konsep baru dalam dunia klinik gigi. Kami fokus pada pelayanan kualitas prima dengan harga yang terjangkau. Dengan konsep yang ceria, segar dan berwarna sehingga dapat menghilangkan kesan menakutkan akan perawatan di klinik gigi yang akan membuat anda nyaman dan lebih percaya diri.